Ingat dengan gaya bahasa/ majas “metonimia”, atau penggunaan merek untuk menyebut suatu barang tertentu? Di Indonesia terdapat beberapa merek yang mendapat kehormatan untuk itu meskipun kenyataannya tidak memperoleh pangsa pasar yang baik. Di luar itu semua, butuh kreatifitas dan usaha yang luar biasa sehingga merek itu dapat merasuk ke hati konsumen sehingga merek- merek tersebut begitu tertanam dibenak bangsa kita. Berikut dalah merk- merek tersebut:

Odol

link

Hampir semua orang Indonesia dari berbagai kalangan menyebut pasta gigi (tooth paste) dengan nama ini. Odol sendiri sebenarnya adalah merek dagang dari pasta gigi buatan pabrik dari Jerman,  Lingner Werke AG, sejak tahun 1892. Namun odol sendiri dikenal lebih sukses menjual obat kumur dari pada pasta gigi. Saat ini Odol masih dipasarkan oleh perusahaan farmasi ternama Inggris, Glaxo Smith Kline.

Pralon

Bell end

link

Hampir semua orang menyebut pipa berwarna abu- abu yang terbuat dari PVC untuk saluran air ataupun listrik dengan nama ini. Nama ini sendiri adalah produk lokal dari perusahaan dengan nama yang sama hasil joint venture antara perusahaan lokal dengan perusahaan Jepang.

Eternit

File:Eternit Water Tank - September 2010.jpg

link

Tahukah Anda, eternit adalah sebuah merek dagang untuk produk berupa semen ber serat, bahkan banyak perusahaan yang saya yakin tanpa mereka sadari menggunakannya sebagai merek dagang atau penyebutan produk mereka. Merek ini sendiri saat ini dimiliki oleh perusahaan Begia bernama Etex.

Sanyo

File:Sanyo Transistor.jpg

link

Orang Indonesia banyak mengira sanyo adalah pompa air, mungkin itu yang menyebabkan produk elektronik lain dari perusahaan Jepang ini tidak banyak tersebar di masyarakat. Sanyo sendiri adalah salah satu perusahaan terbesar di Jepang, dan saat ini merupakan anak perusahaan dari Panasonic.

Bajaj

link

Semua orang tahu tentang Bajaj, penyebutan untuk kendaraan roda tiga bermotor di Jakarta, namun banyak orang tidak tahu Bajaj sendiri adalah nama pabrikan produsen dari kendaraan tersebut. Bajaj sendiri adalah salah satu perusahaan terbesar di India yang menghasilkan berbagai macam sepeda motor mutakhir.

Selotip

link

Benda yang bayak digunakan semua orang ini sebenarnya berasal dari merek dagang asal Inggris Sellotape yang kini dimiliki oleh perusahaan Jerman Henkel.Sellotape sendiri adalah salah satu pelopor adhesive tape atau pita perekat moderen.

Pampers

link

Pampers sudah menjadi kebutuhan keluarga yang memilki bayi, meskipun penyebutan tersebut menjadi salah kaprah, di mana Pampers sendiri bukan nama barang, namun merek dari diaper atau popok sekali pakai sejak 1961. Saat ini Pampers adalah bagian dari raksasa P&G.

Pisau silet

link

Nama yang digunakan untuk menyebut pisau cukur hingga pisau kecil ini diperoleh dari sebuah produk terkemuka dengan merek Gillette. Produk ini adalah salah satu pelopor produk disposable/ sekali buang, berupa pisau cukur terbuat dari baja super tipis untuk ukuran masa itu (1901) yang tidak perlu da asah. Pada saat tumpul tinggal dibuang dan diganti refill yang baru.

Petromax

 

link

Petromax sendiri sebenarnya adalah sebuah merek lampu bersumber energi minyak tanah yang diubah menjadi gas  pada tahun 1900-an dari Jerman. Saat ini merek ini digunakan untuk menyebut lampu- lampu bertekanan yang saat ini umumnya menggunakan metanol (spirtus) untuk sumber energinya.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s