Di dalam dunia inovasi terdapat beberapa konsep utama (saya menyebutnya kata kunci) dari suatu inovasi yang dapat diaplikasikan atau ditularkan pada inovasi lainnya. Seringkali perlu melibatkan kemampuan rancang bangun luar biasa guna menjadikan produk baru tersebut benar- benar inovatif. Konsep utama tersebut saya sebut sebagai “viral concept“. Bila dirinci viral concept ini meliputi inovasi yang biasanya diawali dengan kata: foldable, collapsible, compact, transformable atau form shifting, instant, downsizing, upsizing, recyclable, reusable, green, grass root, hybrid, single use atau diposable, dan lain- lain. Berikut adalah contoh dari Inovasi viral concept foldable yang merupakan reposting dari postingan terdahulu

Meja perlindungan

link

Meja untuk siswa di sekolah ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai meja saja, namun ketika di lipat menjadi kubah segitiga, sexsuai dengan namanya segitiga kehidupan, berubah menjadi tempat perlindungan sementara bila terjadi gempa bumi. Ide kreatif ini dihasilkan oleh desainer dari China ketika gempa besar melanda Sichuan, China pada tahun 2008.

Pesawat terbang lipat: ICON A5

courtesy of  Like Cool

courtesy of  WcP Blog

link

Pesawat amphibi (lepas landas dari air) ini diproduksi oleh Icon Aircraft  dan dijual dengan harga USD 139.000. Pesawat ini dapat dilipat sehingga memudahkan pada saat pengangkutan menuju ke danau atau sungai terdekat.

Meja dan cermin lipat

link

Ketika tidak digunakan, meja buatan Porada, Italia ini dapat dilipat dan disimpan dengan ditempelkan di dinding berfungsi sebagai cermin.

Koper dengan meja lipat

link

Sebuah koper yang digabungkan dengan meja serbaguna. Sangat membantu para eksekutif yang bepergian.

Kayak lipat Folbot

courtesy of besportier

link

Kayak seharga USD 1795 ini dapat dengan mudah dilipat dan dipasang, sehingga memudahkan para pecinta alam menuju sungai favorit mereka.

Sepeda lipat: ECO//07

link

Konsep sepeda lipat dari Victor M. Aleman ini sungguh luar biasa. Ia berpikirout of the box dengan membuat tipe roda baru yang dapat di lipat sekecil mungkin. Dengan itu memungkinkan sepeda dengan ukuran roda normal dapat dilipat sekecil mungkin.

Keyboard komputer lipat

link

Keyboard yang diberi nama Key Stick ini adalah konsep Yoonsang Kim & Eunsung Park dari Korea. Sangat praktis untuk disimpan dan dipindahkan.

Truk lipat: CarGo

link

Truk mini ini adalah konsep dariAdam Schacter. sangat cocok untuk kota yang padat, mobil ini dapat berfungsi menjadi truk pengangkut yang ukurannya relatif panjang, dan dapat dilipat menjadi sebuah mobil compact.

Keyboard (organ) lipat: Infinite

link

Keyboard ini sangat cocok buat pemusik organ tunggal yang dipangil di pesta- pesta perkawinan di desa. Keyboard ini dapat dilipat menjadi separo ukuran aslinya. Keyboard yang dibuat dari casing yang dilapisi magnesium ini di hargai USD 2450.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s