Posting ini adalah re-posting-an Smallidea terdahulu yang berhubungan dengan konservasi dan peningkatan kualitas air untuk kehidupan, happy hari air sedunia!

Toilet penghemat air

link

Menghemat air berarti juga menghemat energi yang digunakan untuk mendistribusikan air tersebut. Caroma perusahaan sanitair terkenal dari Amerika meproduksi toilet duduk yang dinamai Smart 305. Produk ini memadukan wastafel untuk mencuci tangan dengan sebuah toilet, di mana air buangan wastafel tersebut akan tertampung di tempat penampung air untuk di gunakan menggelontor apapun yang kita buang di dalam toilet.

Sumur resapan komunal Tjandramukti

link & link

Sering kali kita melupakan keberadaan air tanah kita, dengan temuan orang Indonesia ini, permasalahan tersebut sedikit banyak dapat terselesaikan. Sumur- sumur dari bambu yang ditanam secara komunal ini adalah rekayasa dari Tjandramukti, peneliti dari Purwodadi (Jawa Tengah). Sumur- sumur  ini ditempatkan dalam jumlah yang cukup saling berdekatan/ berkelompok di lahan pertanian (tadah hujan). Gunanya agar air hujan (hujan awal) tidak mengalir ke selokan- selokan, tapi mengalir terlebih dahulu masuk ke sumur, dan meresap ke sekeliling sumur, menekan jebakan udara di permukaan tanah kering yang menyebabkan air hujan sulit masuk ke dalam tanah. Setelah jebakan udara hilang, air hujan selanjutnya akan leluasa meresap ke dalam tanah, tertampung menjadi air tanah hingga musim kemarau dan mencegah banjir bandang yang justru sering terjadi di awal musim hujan.

Urinal plus wastafel

link

Ide brilian dari Yeongwoo Kim ini membawanya menjadi juara dalam kontes bergengsi  iF Concept Design 2010. Kim menggabungkan kebiasaan pria yang kencing pada dsainnya. Kebiasaan pria, akan mencuci tangannya setelah “tugas” mereka selesai, tempat cuci tangan diletakkan di atas urinal, di mana air bekas cuci tangan ini akan langsung mengalir ke urinal menyiram sisa kencing yang ada.

Toilet tank bank

Courtesy of Flickr

link

Ide sederhana untuk menghemat air. Kantong seharga USD 1,25 ini digunakan untuk mengurangi kapasitas dari bak penampungan air untuk menyiram pada toilet kita, terutama untuk toilet tipe lama yang tidak memiliki alat pengukur air (air untuk menyiram pipis dan air besar). Kantong ini dapat diisi air, dan digantung di dalam bak penampungan, dan dengan tepat akan mengurangi 0,8 galon air yang akan digunakan untuk menyiram.

Rain Drop

link

Desain dari Evan Gant ini berupa talang yang dapat dipasangi botol- botol plastik bekas pakai. Pada saat hujan, sebelum air terbuang, air dari talang akan memenuhi botol- botol yang tersedia. Penggunaan botol- botol plastik ini dimaksudkan untuk mengurangi sampah dan memungkinkan sinar dapat menembus ke air yang tertampung, menjadikan air lebih steril.

Flood of Ideas

link

floodofideas.org.au adalah homepage yang menghimpun berbagai ide dari masyarakat guna menanggulangi banjir. Page ini dibuat pada awalnya untuk menanggulangi banjir di wilayah Queensland yang pernah terjadi di akhir tahun 2010 sampai Januari 2011.

Lifestraw

courtesy of  www.defence.gov.au

link

Produk buatan Vestergaard-Frandsen dari Swiss ini akan meningkatkan kemampuan survival para pengungsi. Dengan alat berbentuk sedotan ini, semua air yang disedot melalui alat ini akan menjadi air layak minum.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s