Bio Lite

link

Bio lIte adalah kompor mini untuk keperluan camping. Ukurannya kecil dan diklaim mampu menggunakan sumber energi berupa kayu 50 persen lebih sedikit dimbanding kompor sejenis, menghasilkan asap buangan minimal, dan hebatnya mampu menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk penerangan ataupun men-charge berbagai macam gadget.

Kompor tenaga matahari

link

Kompor ini berbentuk parabola yang dapat memusatkan pantulan sinar matahari menjadi satu titik yang sangat panas, dan hebatnya kompor ini dilengkapi motor yang akan bergerak secara otomatis mengikuti pergerakan matahari, sehingga panas yang konstan tetap diperoleh meskipun matahari bergeser.

Kompor multi biomassa

MJA Biomass Gas Stove

MJ Biomass Gas Stove

link

Kompor ini mampu dinyalakan dengan menggunakan berbagai macam bahan bakar, mulai dari arang, kayu ataupun berbagai biomassa yang telah dibentuk berupa pelet. Kompor buatan penemu dari Filipina ini menggunakan prisip gasifikasi, yaitu membakar uap yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar sehingga menghasilkan kalor yang sangat panas dan api yang sangat bersih.

Kompor bioethanol

Clean Cook Stove

CleanCook

link

Kemungkinan kompor seperti ini yang akan mendominasi rumah- rumah di masa depan. Menggunakan bioethanol, energi terbarukan yang mampu dibuat dari proses fermentasi berbagai bahan yang juga terbarukan. Kompor di atas dikenalkan di Haiti dengan menggunakan bioethanol yang dibuat oleh pengrajin trdisional setempat.

Kompor laptop

Electrolux Mobile Kitchen Concept Introducing Electrolux Mobile Kitchen Concept, The Next Generation Web Enabled Cooking Platform

 

link

Kompor ini adalah konsep dari  Dragan Trenchevski, finalis 2011 Electrolux Design Lab competition. Idenya sederhana, mengganti sisi keyboard dari laptop dengan kompro induksi yang tidak menghasilkan api, dan sebuah komputer tablet pada sisi monitornya. Tablet ini mampu berhubungan dengan internet melalui wifi maupun 3G sehingga kita dapat memasak sambil melihat resep secara online atau sekedar chatting di social network.

Kompor tenaga surya flexibel

Hot Liner solar stovetop

Hot Liner Solar Stovetop

link

Kompor unik ini didesain oleh Yonggu Do dan Eunha Seo dari Korea yang dan berhasil memenangkan Golden Haechi award pada  2010 Seoul International Design Competition. Konsepnya sederhana, sebuah panel surya yang flexible dengan satu sisinya berupa kumparan yang dapat dipanaskan dari energi listrik yang dihasilkan panel surya tersebut. Kompor ini dapat dibentuk sesuka kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s