Bola pemadam kebakaran

link

Bola berwarna merah cerah ini ditemukan oleh seorang pelajar dari Thailand. Produk dengan merek dagang Elide Ball ini berisi Mono Ammonium Phosphate (MAP) dalam bentuk kristal yang umum ditemukan pada alat pemadam kebakaran ringan di pasaran. Kelebihan alat ini adalah kemampuannya untuk dilemparkan ke titik api serta diletakkan pada lokasi yang mungkin terbakar. Pada saat suhu disekeliling bola meningkat, bola ini akan meledak melontarkan bahan pemadam apinya dan menghambat perkembangan api. Alat ini mendapatkan banyak penghargaan dari segi inovasinya meski produk ini adalah pengembangan dari pemadam kebakaran “granat” yang telah ada sejak awal tahun 1900-an.

Granat pemadam kebakaran, link

Pada masa itu “granat’ tersebut terbuat dari gelas kaca dan berisi carbon-tetrachloride (CTC) yang akhirnya dilarang pada tahun 1950-an karena diketahui sangat beracun.

Pemadam kebakaran cair jarak jauh

link

Produk buatan Jepang dengan nama SAT119 ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan produk di atas. Produk berbentuk cairan dalam botol plastik kedap ini dapat dilemparkan ke sumber api, ketika pecah, cairan tersebut akan berubah menjadi gas CO2 dan gas ammonium (amoniak) yang mampu menghambat api.

Pemadam api mini

Pinqy

link

link

pemadam kebakaran tradisional 1 kg, link

Pemadam kebakaran ringan berbentuk bulat di atas hanya setinggi 14 cm, namun dengan teknologi yang ditemukannya, alat ini memiliki kemampuan yang sama dengan alat pemadam kebakaran tradisional dengan kapasitas 1 kg sepperti contoh di bawahnya..

Bazooka pemadam kebakaran

link

Konsep unik ini datawarkan oleh Eunjung Kim, Yangwoo Kim & Junyi Heo. Sebuah alat pelontar granat yang mampu melontarkan kapsul berisi karbon dioksida yang mampu menghambat api. Dengan alat ini kita mampu memadamkan api dari jarak yang relatif jauh.

Mobil pemadam kebakaran manual

'Pawang Geni' Warga Solo

'Pawang Geni' Warga Solo

'Pawang Geni' Warga Solo

Pawang Geni,  link

Pemadam kebakaran sejenis buatan Inggris di tahun 1774, link

Alat sejenis dengan ukuran lebih besar buatan Inggris pada awal 1800-an

Margate first horse drawn fire engine

Alat sejenis yang pertama yang ditarik kuda buatan tahun 1878, link

Pemadam kebakaran sederhana yang merupakan cikal bakal dari mobil pemadam kebakaran ini dihidupkan kembali oleh penemu lokal asal Solo, Sri Utomo. Alat yang dinamai Pawang Geni ini di jual dengan harga Rp. 1.400.000,- , menggunakan pompa manual yang mampu digerakkan dari dua sisi (seperti jungkat jungkit), dan diletakkan di atas roda dengan penampung air berupa tong.  Dengan ukuran kecil dan seburan api yang mencapai 20 meter, alat ini diharapkan dapat menjadi alternatif warga yang tinggal di gang sempit untuk mencegah kebakaran meluas.

Bom pemadam kebakaran

link

Alat berbentuk roket buatan Rusia ini dapat dijatuhkan dari atas pesawat atau helikopter, dan akan meledak pada permukaan tanah melontarkan bahan untuk menghambat api mencapai luasan 1000 meter persegi. Sebuah pesawat dapat membawa hingga 100 roket ini dan diharapkan menjadi solusi baru untuk menghambat kebakaran hutan.

Robot pemadam kebakaran

Robotic Fire Extinguisher Snake

link

Temuan ini diharapkan dapat mengurangi risiko para pemadam kebakaran, sebuah robot berbentuk ular dengan berat 75 kg. Robot ini dapat digunakan sebagai ujung dari selang mobil pemadam kebakaran, dapat bergerak seperti ular mendekati titik api, dan mampu menahan tekanan dari semburan selang hingga 1450 psi (pouds per square inch).

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s