Logistik merupakan seni dan ilmu mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi, dansumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal . Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori,pergudangan, reverse logistics dan pemaketan (source). Berikut perkembangan luar biasa dari dunia ini.

Kotak kardus multibentuk

link

Selembar cardbox ini dapat digunakan untuk mengemas berbagai bentuk, dari yang berbentuk kotak tradisional hingga sesuatu yang tidak beraturan.

Kapal pengangkut peti kemas bertenaga angin

link

Kapal pengangkut ini tidak terlalu berbeda dengan kapal sejenis lainnya selain sebuah layang- layang raksasa yang membantu menggerakkannya serta penghematan bahan bakar sebesar 300.000 Euro per tahun. Kapal bebrbendera Jerman ini sebenarnya salah satu dari banyak proyek sejenis di seluruh belahan dunia. MS Beluga SkySails , demikian nama kapal ini, memiliki sebuah layang- layang raksasa yang dikontrol dengan menggunakan sistem komputer canggih untuk mengatur ketinggian layang- layang guna mencari titik paling efisien untuk menggerakkan dan mengarahkan kapal.

Container lipat

link

Container satu ini memiliki apa yang dimilki oleh container maoderen lainnya, seperti berat yang lebih ringan, kemampuan mengapung, dan  GPS untuk melacak posisi container. Namaun CargoShell, nama container dari Belanda ini memiliki kelebihan penghematan tempat pada saat container ini harus dikembalikan dalam keadaan kosong. Rahasianya adalah kemampuan container ini untuk dilipat menjadi seperempat ukuran container kosong, sehingga sekali pengiriman untuk volume ruang yang sama, kita dapat mengirimkan empat container sekaligus.

Pesawat cargo dengan kapasitas terbesar

link

Pesawat ini mulai dibangun sejak tahun 1980 oleh Antonov’s Development Laboratory di Ukraina (dulu bagian dari Rusia) dan hingga kini masih mencatatkan rekor sebagai pesawat cargo dengan kapasitas terbesar. Dengan panjang 84 m dan tinggi 18 m, pesawat ini mampu mengangkut cargo seberat 250 ton bila diletakkan di dalam pesawat, atau 200 ton maksimal bila diletakkan di punggung pesawat. Pesawat dengan kode AN-225 “MRIA” (atau berarti impian dalam bahasa Ukraina) hingga kini masih beroperasi di bawah maskapai udara Ukraina.

Kontainer air inovatif

Project H Design, Emily Pilloton, South Africa, Hippo Rollers, water transport, sustainable livelihood, humanitarian projects, design can change the world, projecth1.jpg

Project H Design, Emily Pilloton, South Africa, Hippo Rollers, water transport, sustainable livelihood, humanitarian projects, design can change the world, projecth4.jpg

link

Memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain bukan hanya didominasi oleh kepentingan korporasi saja, namun hampir setiap oorang perlu memindahkan satu benda dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini yang menginspirasi penemu dari Hippo Roller ini. Sebuah kontainer kreatif berbentuk silinder yang dapat digelindingkan atau ditarik melewati medan yang berat. Hippo Rollerini diharapkan dapat menghemat waktu dan tenaga bagi para penduduk daerah terpencil ayng harus menempuh jarak jauh untuk mengambil air bagi keperluan mereka sehari- hari.

Kardus terbang

link

Sebenarnya kardus ini tidak dapat terbang, namun bila dijatuhkan dari pesawat untuuk keperluan darurat, desain jenius berbentuk baling- baling helikopter ini akan menahan laju jatuhnya, membuat isi di dalam kardus terlindungi. Cara ini menghemat biaya dibandingkan cara lama yang menggunakan parasut yang besar.

 

 

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s