Monopoli adalah salah satu permainan papan (board game)  yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

Awalnya dibuat oleh Elizabeth (Lizzie) J. Magie Phillips, dari Amerika Serikat untuk mempermudahnya menjelaskan teori ekonomi dari  Henry George, yang dianggapnya akan menguntungkan para tuan tanah dan merugikan para penyewa. Permainan Monopoly yang saat ini beredar luas adalah pengembangan dari permainan dengan nama Landlord’s Game buatan  Charles Darrow yang diambil alih oleh perusahaan bernama Parker Brothers (saat ini menjadi bagian dari perusahaan mainan raksasa Hasbro), yang akhirnya berubah nama menjadi Monopoly setelah melewati berbagai persidangan untuk memperebutkan hak penggunaan nama tersebut. Monopoly yang ada di pasaran saat ini banyak yang merupakan franchise resmi dari Hasbro, namun banyak pula para kreator yang memodifikasinya menjadi permainan sejenis yang sangan unik.

File:Monopoly Logo 123.jpg

source

Photo-opoly

link

Permainan sejenis Monopoly, namun pemain dapat membuat boardgame klasik ini menjadi lebih personal dengan menempelkan foto kesukaan mereka. Permainan ini dijual seharga USD 23 secara online.

Monopoli emas

link

Replika Monopoli buatan Sidney Mobell, pengrajin perhiasan dari San Fransisko ini terbuat dari emas 18 karat dan dihiasi berbagai batu permata. Permainan ini bernilai USD 2 juta, bahkan dadunya sendiri yang terbuat dari berlian berharga USD 10 ribu.

Earthopoly

link

Sebuah permainan sejenis Monopoli yang diterbitkan pada tahun 2008, namun pemain tidak berusaha mengumpulkan uang sebanyak- banyaknya, namun pemenang adalah yang mampu mengumpulkan carbon credit terbanyak dari yang dapat ditukar dengan udara bersih yang mampu meningkatkan properti yang pemain miliki. Dengan harapan memperkenalkan konsep green living pada pemainnya, permainan ini dibuat dari bahan ramah lingkungan ini, termasuk menggunakan bidak- bidak yang dimainkan dari bahan alami seperti kristal, potongan bambu, serta kerang.

Eco Monopoli

link

Mirip permaian Earthopoly, namun dibuat oleh Annisa Hasanah, seorang mahasiswa IPB yang menjadi liputan media karena gerakannya bersama kawan- kawannya yang tergabung dalam Green Fun mengajarkan arti penting menjaga lingkungan kepada anak- anak.

Ethica

link

Sebuah konsep permaian Monopoli yang mengikuti jaman. Pemenang adalah pemain yang bukan hanya memiliki properti dan uang terbanyak, namun pemain juga harus memperebutkan kemenangan dalam sektor sosial dan lingkungan hidup. Pemain diharapkan dapat memahami bisnis yang beretika.

Monopoli bertema pop culture

link

Dibuat oleh USAopoly berdasarkan lisence dari Hasbro, pemegang paten Monopoly. USAopoly membuat permainan monopoli yang bertema popular terutama mengikuti trend serta film yang sedang beredar, ataupun budaya pop culture yang klasik.

U-Build Monopoly

U-Build Monopoly board game

Playing the new U-Build Monopoly Hasbro board game

link

Monopoli yang satu ini tidak harus berbentuk lembaran kertas dengan jalur permainan yang melingkar. Dengan menggabungkan dua permainan sekaligus, U-Build dan Monopoly, pemain dapat membangun sendiri jalur permainan mereka, serta membangun bangunan 3 dimensi.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s