Sering kali film baik bioskop ataupun serial televisi dijadikan ajang untuk product placement, di mana pemilik produk membayar pemilik film untuk menggunakan produk mereka di salah satu adegan film mereka, namun banyak pula para kreatif film yang membuat sendiri merek produk fiktif yang akhirnya menjadi sangat terkenal. Beberapa produk ada yang direalisasikan meski sebagian besar hanya digunakan sebagai produk edisi khusus atau souvenir belaka, berikut produk- produk tersebut:

Duff Beer

link

Bir pilihan Hommer Simpson dalam serial TV fenomenal The Simpson’s. Di dalam serial ini ditunjukkan Duff Beer adalah bir kebanggaan Springfield kota tempat Hommer tinggal dan bersaing keras dengan Fudd Beer buatan kota Shelbyville, tetangga dan musuh bebuyutan kota Springfield. Produk ini sendiri beberapa kali direalisasikan secara resmi maupun tidak resmi, seperti produk di bawah yang dibuat oleh Eschweger Klosterbrauerei, perusahaan bir dari Jerman.

link

Mode Magazine

link

Mode Magazine adalah salah satu majalah fashion fiktif,  bagian dari kerajaan Meade Publishing  yang menjadi sentral dalam serial komedi TV ini. Di gambarkan di dalam serial ini, Mode Magazine bersaing keras dengan majalah fashion sungguhan seperti Elle dan Vogue.

Caf-Pow

link

Minuman berwarna merah yang kaya kafein kesukaan Abby Sciuto, ahli forensik nyentik dalam serial TV laku keluaran CBS, NCIS. Sering ditunjukkan, Gibbs, atasan Abby menghadiahinya dengan Caf-Pow pada saat Abby berhasil memecahkan suatu kasus atau ketika harus membuatnya tenang.

Kertas photo copy Dunder Mifflin

Dunder Mifflin Copy Paper

link

Kertas ini adalah salah satu jenis kertas yang didistribusikan oleh Dundler Mifflin, perusahaan distribusi kertas dengan nama yang sama dalam serial kocak The Office versi USA yang berhasil mengangkat naman bintang utamanya Steve Carell sejajar dengan para bintang komedi di Hollywood. Saat ini sebuah perusahaan penyedia peralatan kantor online, menjualnya secara terbatas dengan harga USD 40 per kartonnya.

Kwik-E-Mart

Kwik-e-mart.png

link

Minimarket pilihan penduduk Springfield dalam serial The Simpsons. Dikelola oleh dua kakak beradik keturunan India Apu and Sanjay Nahasapeemapetilon. Di dalam serial ini mereka menjual berbagai produk fiktif seperti Squishees, Buzz Cola and Krusty-Os cereal. Di Amerika Serikat, karena begitu populernya serial ini dan untuk menyambut premiere The Simpsons Movie, 7-Eleven mendandani 11 tokonya di Amerika Serikat dan satu tokonya di Canada menjadi meirip dengan Kwik-E-Mart, dan secara terbatas menjual beberapa produk fiksi yang ada.

link

Heisler Beer

link

Bir ini sering ditemui dalam berbagai film, tidak pernah ada produk dengan nama ini, hanya menjadi semacam kesepakatan bersama para pembuat film dan dianggap akan dilupakan dengan cepat atau tidak menjadi bagian penting dalam adegan, placeholder name,  untuk memberi nama produk ini menjadi Heisler Beer.  Seperti halnya nomor telepon yang selalu dimulai dengan 555.

Acme Corporation

link

Salah satu placeholeder name yang paling terkenal untuk nama perusahaan, sering digunakan dalam film komedi dan kartun terutama dalam film Road Runner. Nama Acme sering dipanjangkan menjadi American Companies Make Everything (Almaga: Apa Lu Mau Gua Ada), meski sebenarnya nama ini adalah nama yang cukup populer di tahun 20-an sebagai nama perusahaan, ketika buku telepon atau katalog mulai dibuat dengan mengurutkan nama perusahaan mulai dengan huruf “A”.

Gotham City

File:Gotham City map.jpg

File:Gothamskyline.JPG

link

Kota tempat Batman tinggal ini sebenarnya bukan merek, namun kota fiktif ini benar- benar telah dipersiapkan segala seuatunya dari sejarah fiktif, pemerintahan fiktif, peta fiktif, hingga produk- produk yang menggunakan nama kota ini sebagai merek seperti Gotham Gazette dan Gotham Globe.

link

Nama Gotham Gazette sendiri saat ini digunakan oleh serikat penduduk New York (kota inspirasi dari Gotham city) untuk menyampaikan isu- isu yang mengkritisi pemerintah kota.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s