Lemari + sekoci penyelamat

link

Lemari kreatif ini adalah karya dari S. Hadi Wibowo M. yang membawa kemenangan padanya dalam ajang Djarum Black Innovation Awards pertama apada tahun 2007. Konsep dari Kalamari, nama lemari ini sangat sederhana tapi kreatif, sebuah lemari yang dapat mengapung dan kedap air untuk melakukan penyelamatan harta benda dan jiwa ketika banjir terjadi.

Penahan air mini

link

Buatan Blobel, Jerman, dijamin dapat menahan rembesan air pada pintu Anda ketika banjir terjadi. Produk ini juga dapat digunakan untuk menahan luberan bahan kimia dan minyak.

Lifestraw

courtesy of  www.defence.gov.au

link

Produk buatan Vestergaard-Frandsen dari Swiss ini akan meningkatkan kemampuan survival para pengungsi. Dengan alat berbentuk sedotan ini, semua air yang disedot melalui alat ini akan menjadi air layak minum.

Tanggul darurat berisi air

link

Dengan air untuk menahan air. Tanggul darurat biasanya menggunakan pasir yang cukup berat dan mampu mengisi bagian- bagian yang kosong. Hydrabarrier berpikir berbeda, mereka membuat tanggul berupa kantong yang panjang yang diisi oleh air yang kita tahu cukup berat dan mampu mengisi seluruh ruang. Ditambah dengan berat dari kantong, bendungan darurat ini dapat menahan air meski tidak terlalu tinggi.

Gelang batere

Clunky wristband provides emergency power for your gadgets.jpeg

link

pada saat banjir seringkali diikuti dengan mati lampu. Padahal banyak gadget kita yang memerlukan sumber energi tersebut. Dengan gelang ini, kita dapat menyimpan energi lebih pada saat kita memeiliki kesempatan memperoleh sumber listrik yang tidak padam. Energi listrik yang tersimpan ini dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai gadget kita.

Rumah anti banjir

link

Rumah di atas disesain oleh  Dura Vermeer, seorang developer dari Belanda. Rumah ini dapat mengambang beserta seluruh isinya termasuk instalasi listrik dan air, bila air banjir naik sampai maksimal 5,5 meter. Sangat cocok untuk rumah di banataran kali.

Flood of Ideas

link

floodofideas.org.au adalah homepage yang menghimpun berbagai ide dari masyarakat guna menanggulangi banjir. Page ini dibuat pada awalnya untuk menanggulangi banjir di wilayah Queensland yang pernah terjadi di akhir tahun 2010 sampai Januari 2011.

 

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s