Mungkin karena persaingan antar rumah produksi, beberapa film dibuat hampir sama baik topik maupun genrenya dan dirilis dalam waktu yang berdekatan

Iron Eagle vs Top Gun

Iron Eagle Poster vs Top Gun Poster

source & source

Salah satu persaingan klasik, sama- sama di rilis awal tahun 1986, dan kita semua tahu Top Gun menjadi pemenangnya dengan melambungkan nama Tom Cruise hingga sekarang. Iron Eagle dibintangi Louis Gossett Jr. dan Jason Gedrick bercerita tentang pilot muda yang berusaha menyelamatkan ayahnya yang jatuh tertembak MIG buata Rusia di wilayah Timur Tengah. Top Gun menceritakan tentang pilot muda berbakat yang dipulangkan untuk pendidikan akibat suatu insiden ketika melawan pesawat (coba tebak) Mig di (coba tebak) di teluk Persia. Di situ dia berusaha memperbaiki dirinya dan mempertahankan kehormatan ayahnya.

Dante’s Peak dan Volcano

Dante's Peak Poster vs Volcano Poster

source & source

Dante’s Peak di rilis tanggal 7 Februari 1997 oleh Universal Pictures, dibintangi oleh Pierce Brosnan dan Linda Hamilton. Bercerita tentang ahli gunung berapi yang berusaha meyakinkan warga Dante’s Peak, kawasan elit gunung berapi non aktif  yang sedang naik daun bahwa gunung tersebut akan segera meletus.

Sedangkan Volcano di rilis pada tanggal yang berdekatan, 25 April 1997. Diedarkan oleh Twentieth Century Fox dengan dibintangi Tommy Lee Jones dan Anne Heche. Bercerita tentang mulai aktifnya sebuah kolam aspal purba di tengah kota Las Angeles yang aktif menjelma menjadi gunung berapi aktif yang meletus.

Deep Impact vs Armageddon

Deep Impact Poster vs Armageddon Poster

source & source

Sama- sama bercerita tentang sebuah asteroid yang akan menabrak bumi, Deep Impact lebih banyak berkutat tentang siapa yang akan di selamatkan bila usaha menghindari tubrukan terjadi, sedangkan Armageddon lebih memfokuskan pada kepahlawanan Bruce Willis dan kawan- kawannya yang berusaha mengancurkan asteroid sebelum tubukan terjadi, dan Bruce WillisBilly Bob ThorntonBen Affleck, dan si cantik Liv Tyler berhasil memenangkan pertarungan untuk merebut dollar.

Antz vs A Bug’s Life

Antz Poster vs A Bug's Life Poster

source & source

Antz dibuat oleh DreamWork Pictures bercerita tentang krisis dalam kerajaan semut, di mana seekor semut muda idealis ingin berusaha lepas dari sistem kerajaan yang totaliter sambil memikat hati putri kerajaan. Film bertabur bintang mulai dari Woody Allen, Sharon Stone, Sylvester Stallone, sampai Jennifer Lopez tidak mampu mengalahkan dominasi dari pesaingnya Bug’s Life buatan Disney Pixar dengan budget yang super besar. Bug’s Life sendiri, menurut pribadi saya jauh lebih menarik dengan cerita yang kreatif, di mana seekor semut muda yang sok tahu berusaha menyelamatkan kawanannya dari serangan pasukan belalang dibantu dengan teman- teman serangga sirkusnya. Kedua film ini bersaing pada akhir tahun 1998.

The Fast and Furious vs Driven

The Fast and the Furious Poster vs Driven Poster

source & source

Sama- sama tentang balapan dan intrik- intrik di dalamnya, sama- sama dirilis pada tahun 2001 dengan jarak hanya dua bulan. Fil pertama di jalan raya sedang yang satu di arena balap Indy karena gagal bernegosiasi dengan F1. Yang satu melontarkan Vin Diesel ke jajaran bintang laga ngetop, sedang satunya menjadikan  Sylvester Stallone yang kebetulan menjadi bintang utama dan produser bahan ketawaan akibat rugi besar yang diderita.

Capote vs Infamous

Capote Poster vs Infamous Poster

source & source

Kedua film ini menyoroti hal yang sama tentang seorang wartawan, Truman Capote yang melakukan sebuah riset atas pembunuhan sebuah keluarga di Kansas untuk bukunya. Dalam perjalanannya, wartawan ini menjadi dekat dengan salah seorang pembunuh. Film Capote dirilis terlebih dahulu pada bulan Februari 2006 dan berhasil mendapatkan  piala Oscar pada Academy Awards ke 78  untuk pemain utama. Sedangkan Infamous yang dirilis pada akhir tahun 2006, meski bertabur bintang justru jeblok di pasara. Mungkin ini adalah akibat dari kegiatan spionase untuk memata- matai kegiatan perusahaan pesaing. Kejadian seperti ini terjadi juga pada film Tombstone dan Wyatt Earp yang keduanya menceritakan kisah hidup Wyatt Earp, seorang pengusaha, penjudi, dan penegak hukum pada jaman para koboi berkuasa di Amerika Serikat. Tombstone yang diedarkan pada Desember 1993 dibintangi oleh Kurt RussellVal Kilmer, dan masih banyak bintang lainnya. Sedangkan Wyatt Earp dirilis pada Juni 1994 dibintangi beberapa bintang mahal Kevin CostnerGene Hackman, dan kawan- kawan. Tombstone yang diedarkan oleh Buena Vista Pictures mendulang sukses di pasaran sedangWyatt Earp yang dibuat dengan bujet yang hampir 3 kali lebih besar justru membuat rugi Warner Bros sebagai distributornya, dan manambah resume jelek milik Kevin Costner yang sering membuat film yang too costly.

Tombstone vs Wyatt Earp

Wyatt Earp Poster vs  Tombstone Poster

source & source

Beberapa film yang sejenis dapat Anda temukan juga di link berikut.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

One response »

  1. Tony says:

    Terima kasih.

    Informasi yang saya harapkan akhirnya terwujud kali ini.

    Saya tunggu kabar menarik lainnya.

    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s