Kearifan lokal yang luar biasa, keunikan tradisi, keragaman flora dan fauna, serta keindahan alam Indonesia patut membuat kita bangga bilang kalau kita dari Indonesia.

Tempe makanan tersehat di dunia

link, picture source

Tempe, makanan yang diakui asli dari Indonesia kini diakui sebagai salah satu makanan tersehat yang penah ada. George Mateljan, seorang nutrisionist terkenal dalam bukunya The World’s Healthiest Foods terbitan tahun 2006 menempatkan tempe sebagai salah satu makanan tersehat di dunia karena kandungan gizi untuk pemenuhan kesehatan dan vitalitas yang optimal.

Bunga terbesar asli dari Indonesia

link

Raflessia arnoldii adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter mencapai 1 meter dasn berat mencapai 11 kg. Bunga ini adalah tanaman endemik di Bengkulu, Sumatera, dan Malaysia.

Rendang dan nasi goreng makanan terlezat di dunia

rendang Indonesia

Nasi Goreng

link

Hasil survei makanan terenak di dunia yang dilakukan oleh CNN Go menempatkan rendang dari Indonesia sebagai makanan enak pertama dan nasi goreng dari Indonesia sebagai makanan enak kedua.

Spot untuk river surfing

link

Pada awal tahun 2011, tim dari Rip Curl International, merilis temuan sebuah spot surfing di sungai yang luar biasa, bahkan dikatakan sebagai temuan paling menakjubkan dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Hanya disebutkan bahwa sungai ini bernama Seven Ghost River dan berada di pedalaman Indonesia tanpa menyebutkan pulaunya. Ada yang tahu di mana?

Raja Ampat Papua memiliki kekayaan koral terbesar di dunia

link, picture source 

The Nature Conservancy, sebuah organisasi penelitian laut tropis ternama, setelah melakukan penelitian intensif selama 3 minggu menetapkan bahwa lautan di kabupaten Raja Ampat, Papua memiliki kekayaan koral terbesar di dunia sekaligus salah satu tempat dengan keragaman ikan terbesar di dunia. Keadaan itu menjadikannya salah satu destinasi diving yang luar biasa ditambah pemandangan yang menakjubkan.

Indonesia memiliki kopi terbaik di dunia

Cup of coffee

link, picture source

Pada tahun 2010, Espresso & Coffee Guide, mengeluarkan daftar 10 kopi terbaik di dunia, dan 4 dari antaranya adalah kopi Indonesia. Mereka adalah kopi Arabika dari Jawa, kopi Lintong dari Sumatera, kopi Toraja dari Sulawesi , dan Mocha Java, campuran antara kopi mocha dari Yaman dan arabika dari Jawa.

Indonesia memiliki kopi termahal di dunia

link

Kopi Luwak, kopi yang “pengumpulannya” dibantu binatang luwak, oleh berbagai media disebutkan sebagai kopi termahal di dunia. Kopi yang diambil dari kotoran luwak ini sebenarnya adalah kearifan lokal dari wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Bali.

Bila Anda menyukai page ini, mungkin Anda juga menyukai link berikut tentang penemu Indonesia yang terlupakan.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s