Adi Widjaja’s Awards berusaha menilai finalist BIA dari sudut yang berbeda, awards ini tidak resmi, tidak ada hadiahnya, dan tidak mempengaruhi keputusan juri BIA untuk mengambil keputusannya, karena memang sudah diputuskan (meski belum diumumkan) sebelum awards ini diumumkan. Keputusan award ini dapat didiskusikan tapi mohon jangan digugat. Pemenang Adi Widjaja’s Awards 2010 yang lalu dapat dilihat di comment teratas dari link ini.

Berikut adalah pemenang Adi Widjaja’s Awards 2011

Piala Adam & Eve, sebagai yang first of a kind, nominasinya adalah Chip-Set dan Examo, dan pemenangnya adalah……..

 source

Piala Thomas A. Edison, bagi pemikiran yang tidak terlalu orisinal* atau hasil dari modifikasi namun memiliki potensi pasar, nominasinya: Asongbag, Stanporti, dan StaPack. Pemenangnya adalah……….

 source

Piala Upin Ipin, bagi inovasi yang nggak ada bedanya dari inovasi atau barang yang sudah ada atau modifikasinya terlalu kecil impactnya, nominasinya adalah Cipaot, Gadar, Portang, dan Sigilip. Pemenangnya adalah …….

  & source

Piala Stephen Hawking, bagi inovasi yang perlu pemikiran dan pembuktian lebih lanjut agar inovasinya benar- benar bisa terwujud sempurna. Nominasinya Examo (perlu dipikirkan penggantian mata pensil dan bentuk kertas komputer yang tidak bulat lagi), Cipaot (viscositas isi panci akan memutar tutup yang tidak berkunci, dan perlu dipikirkan sumber energi untuk produk ini yang sesuai ketentuan berlaku), Me Ra’cl (perlu dibuktikan klaim yang mengatakan adanya reflektor yang dapat merubah cahaya lilin menjadi lebih terang dan putih), Morphil (perlu dipikirkan semua peralatan untuk menjalankan semua yang diklaimkan masuk pada botol yang relatif kecil), dan Sigilip (magnet kuat yang digunakan menempelkan sikat gigi ini harus dapat dipastikan tidak merusak magnetic card seperti kartu kredit dan ATM) . Pemenangnya adalah……

 source

Penghargaan khusus piala tempe** (dulu wayang) untuk inovasi yang Indonesia banget jatuh pada

 source

Adi Widjaja’s choice jatuh pada …….

 source

*Catatan: Orisinal atau tidak di sini bukan berarti menjiplak atau tidak, hanya kekurangberutungan inventor yang menciptakan sesuatu yang mirip atau sama dengan temuan yang terlebih dahulu dipublikasikan atau direalisasikan.

**Catatan: Tempe saat ini adalah salah satu makanan yang benar- benar asli Indonesia yang mendapatkan perhatian luas dari banyak ahli internasional dan belum diklaim Malaysia.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s