Tandu atau stretcher atau litter adalah peralatan emergency yang sangat diperlukan untuk mengangkut korban kecelakaan, bencana, atau pasien. Karena kebutuhan dalam kondisi yang sangat berbeda serta fungsi yang berbeda, seringkali benda ini menjadi obyek kreatif dari para inovator.

Vite

link

Produk ini digunakan untuk mengangkut orang dalam keadaan emergency dalam lingkungan bersalju. Dengan alat yang dapat dilipat dalam bentuk ransel ini, seorang dapat dengan mudah menyeret korban ke tempat yang aman.

Portable stretcher

Portable Stretcher, future medical device, Geim Bernard Eran

Portable Stretcher, future medical gadget, Geim Bernard Eran

Portable Stretcher, future health device, Geim Bernard Eran

Portable Stretcher, future medical emergency, Geim Bernard Eran

link

Produk konsep dari Gein Bernard Eran ini memilki fungsi tandu tradisional yang rigid tidak lentur sehiongga dapat menyangga pasien dengan baik serta menawarkan kemudahan memasang tandunya dengan hanya menariknya seperti antena mobil (collapsible) dari bentuk semula beriupa backpack. Gein melengkapi baclkpack ini dengan segala perlengkapan emergency termasuk ruang untuk menyimpan berbagai peralatan medis.

Tandu ransel

link

Produk ini dipatenkan oleh Ani Jones pada tahun  2002. Sebuah backpack yang dapat berfungsi sebagai backpack, di gambar ditunjukkan untuk mengangkut obat- obatan, dan dapat diguynakan sebagai tandu emergency namun memiliki kerangka yang cukup kuat untuk menyangga badan, sehinnga risiko pasien bergerak atau tertekuk semakin kecil.

Tandu gulung

link

Seri tandu untuk keadaan emergency buatan Black Hawk ini dapat dilipat atau digulung menjadi ukuran yang sangat kecil sehingga dapat diselipkan dengan mudah ke dalam ransel para relawan.

Kursi tandu

link

Tandu dengan kerangka aluminium ini dapat diubah bentuk dari tandu tradisional yang ringan menjadi sebuah kursi untuk memudahkan pemeriksaan korban.

Tandu terapung

floating stretcher Leon Sports

link

Bila usaha penyelamatan dilakukan di atas air, tandu apung berbentuk sekoci tiup ini adalah solusi yang sangat efektif.

Robot tandu

Compact Alpine Rescue Vehicle 01

 

Compact Alpine Rescue Vehicle 05

Compact Alpine Rescue Vehicle 06

link

Tandu masa depan, konsep buatan Matthew Hardman ini memungkinkan mengangkut korban tanpa perlu kekuatan fisik dari tim penolongnya. Alat yang diberi nama Compact Alpine Rescue Vehicle ini mampu bergerak di atas berbagai jenis permukaan yang ekstrim di atas gunung bersalju.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s