Traffic light pertama dibuat di luar kantor parlemen Inggris pada tahun 1968 dengan bentuk seperti bendera penanda kereta api dan diterangi lampu gas pada malam hari. Traffic light dengan tenaga listrik pertama kali dipasang di Utah pada tahun 1912, lampu ini diciptakan oleh seorang polisi bernama Lester Wire. Hingga saat ini traffic light berkembang menjadi berbagai bentuk dan kegunaa, berikut adalah sebagian dari traffic light tersebut:

Solar traffic light

Solar Traffic Light by Cheng-Tsung Feng, Yao-Chieh Lin & Bo-Jin Wang

traffic3

link

Sebuah green concept dari Cheng-Tsung Feng, Yao-Chieh Lin, dan Bo-Jin Wang. Mereka mendesain ulang traffic light yang biasanya memiliki tiga display lampu, menjadi hanya satu. Display terbuat dari lampu LED yang dapat menghasilkan warna merah, jingga, dan hijau seperti pada traffic light tradisional. Hal ini membuatnya menjadi hemat energi dan mampu dihidupkan dengan batere yang dayanya didapat dari panel tenaga matahari pada pelindung lampu ini.

Traffic light jam pasir

Hourglass traffic light

link

Sebuah konsep yang unik, manampilkan traffic light dalam bentuk single display lampu led berbentuk jam pasir. Diharapkan pengendara dapat  secara visual mengetahui kapan mereka harus bersiap- siap untuk jalan atau berapa lama mereka harus berhenti.

Traffic light untuk buta warna

Uni-Signal - Universal Signal Light by Ji-youn Kim, Soon-young Yang & Hwan-ju Jeon

uni_signal2

link

Ji-youn KimSoon-young Yang & Hwan-ju Jeon dari Korea menawarka sebuah konsep yang menarik dan sederhana, yaitu merubah bentuk tampilan dari display traffic light yang biasanya bulat. Untuk warna merah diubah dengan bentu segitiga, warna jingga tetap bulat, dan warna hijau menjadi kotak. Diharapkan para penderita warna dapat mengenali bentukan ini dari jauh dan melakukan tindakan yang tepat.

Mobius strip lamp

link

Kosep dari Lee Kisung ini memenangkan Red Dot Design Award untuk kategori konsep pada tahun 2010. Traffic light ini mengambil sebagian bentuk dari Mobius strip, display berbentuk single display  berbentuk kotak dengan ujung berupa counter penghitung mundur yang memudahkan pengendara untuk bersiap- siap. Traffic light ini digabung dengan penanda untuk penyeberang serta lampu jalan.

Laser traffic light

Innovative Laser Crosswalk Concept

Laser Crosswalk Concept

link

Konsep traffic light dari  Hanyoung Lee ini berbentuk dinding virtual dari laser yang akan menghalangi pandangan pengendara pada saat traffic light mengatur untuk berhenti. Konsep ini di harapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dari pengendara.

Iklan di traffic light

link

Sebuah konsep menarik ditawarkan oleh Inteligent Intersections, dengan menmpatkan layar TV besar pada tiang traffic light sehingga memungkinkan pengendara yang sedang berhenti dapat membaca berita atau iklan.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s