Inovasi oleh dictionary.com diterjemahkan sebagai sesuatu yang baru atau berbeda. Berasal dari akar kata bahasa Latin “innovatus” yang artinya memperbaharui atau mengubah. Inovasi bila disederhanakan (berdasarkan pemahaman terbatas saya dari Wikipedia), dapat berupa sebuah hasil eksplorasi baru yang disebut dengan invention, atau berupa sebuah modifikasi dari sesuatu yang sudah ada atau penyempurnaan dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Bila lebih disederhanakan lagi saya (pendapat pribadi) memilah proses inovasi menjadi beberapa kelompok proses, berikut dengan contohnya

 Mengubah

Henry Ford dalam otobiografinya pernah mengatakan: “Any customer can have a car painted any colour that he wants so long as it is black”. Pernyataan ini didasarkan atas warna hitam sebagai warna satu- satunya dari mobil yang dikeluarkan oleh Ford mulai tahun 1914. Warna mobil Ford sejak 1908 adalah abu- abu, hijau, merah, dan biru. Ford melakukan inovasi hanya mengeluarkan warna hitam karena cat warna hitam lebih awet dan lebih murah, sehingga biaya dapat dihemat secara signifikan.

File:1925.ford.model.t.arp.750pix.jpg

 link

Menemukan

Sebelum tahun 1903, orang harus secara manual menyeka kaca mobil mereka, sebab pada tahun itu, Mary Anderson, seorang ibu rumah tangga dari Amerika Serikat membuat sebuah alat yang belum pernah ada sebelumnya, yang disebutnya pembersih kaca elektrik untuk mobil dan kendaraan lain, yang sekarang disebut sebagai wiper.

link

Menyusun ulang

Suatu inovasi dapat berupa suatu barang yang sebenarnya sudah ada sebelumnya, namun disempurnakan menjadi barang sejenis yang memiliki kemampuan atau fungsi lebih baik dari benda sebelumnya atau memilki fungsi yang lebih bervariasi dibandingkan barang yang dimodifikasi. Contoh yang menarik adalah perkembangan wiper kaca mobil yang menjadi berbagai bentuk dan ukuran yang kemudian berkembang pula menjadi wiper lampu mobil seperti yang dikenalkan oleh Saab pada tahun 1970.

link

Menyempurnakan

Orang selalu berpikir bahwa Thomas Alva Edison adalah orang yang pertama kali menemukan bola lampu, filament yang terbakar oleh tegangan listrik di dalam sebuah tabung kaca. Penemu bola lampu pertama sebenarnya adalah Joseph Swan dari Inggris, dan dipatentkan pada tahun 1878, sedang bola lampu Edison setelah mengalami persidangan beberapa kali mendapatkan patent pada tahun 1889 dengan penekanan pada penyempurnaan pada filament-nya. Namun bila kita telusuri sejarahnya, Swan sendiri menyempurnakan temuan bebearpa orang yang bila ditelusuri sudah mulai melakukan penelitian sejak 1802 sejak Sir Humphry Davy dari Inggris menemukan filament yang dapat terbakar bila diberi tegangan listrik, yang saat itu dalam bentuk sebuah batere.

link

Menggabungkan

Menurut saya cara inovasi ini paling mudah dilakukan, dua barang atau lebih bisa kita gabungkan menjadi satu produk yang memiliki fungsi berbagai macam seperti pembuka tutup botol yang biasanya digabung dengan pembuka kaleng dan uliran pembuka gabus botol wine. namun untuk mendapatkan barang yang “elegan” (istilah saya untuk efektif) akan lebih sulit dilakukan. Berikut contoh penggabungan fungsi produk sejenis dalam sebuah produk

Produk di atas adalah souvenir dari pabrik detergent ternama sekitar tahun 90-an, produk kreatif ini memilki konsep utama sebuah gantungan baju bepergian yang praktis dibawanya, di mana lengan gantungan dapat dilipat menjadi kecil.

link

Produk di atas mengutamakan pada magnet yang mereka letakkan pada ujung yang biasanya merupakan hook. Gantungan baju ini diharapkan dapat menempel pada atap sebuah locker logam atau display baju di butik.

link

Produk di atas sebenarnya memfokuskan pada sistem yang membuat baju tidak mudah bau, namun bila kita perhatikan sistem hook (cantolan) gantungan ini sangatlah kreatif. Gantungan ini dapat dikuncikan pada tali jemuran atau batang gantungan di lemari kita sehingga tidak mudah jatuh karena angin atau hal yang lain.

Car Coat Hanger

Car Seat Coat Hanger

link

Gantungan di atas mengutamakan penghematan tempat karena gantungan ini dipromosikan untuk menggantung baju di mobil. Lengan dari gantungan ini dapat dipanjang pendekkan seperti sebuah antena (retractable).

link

Gantungan baju di atas adalah juara BIA 2010, boleh dibilang menggabungkan semua konsep yang telah disebutkan sebelumnya meski dengan grafis dan desain yang berbeda.

Contoh penggabungan yang lain adalah beberapa produk guyonan berikut

Weirdest Technological Inventions Ever

Weirdest Technological Inventions Ever

Penggabungan dapat dilakukan juga dari fungsi produk yang berbeda digabungkan dengan produk yang lain sehingga menghasilkan fungsi yang lebih misalnya alat musik yang menggabungkan harpa dan piano ini:

link

Bila kita sudah mengetahui cara berinovasi, muncul pertanyaan inovasi seperti apa yang terbaik. Menurut saya semua hasil inovasi harus dilihat melalui (menggunakan istilah saya) kedewasaannya. Kedewasaan inovasi ini akan kita bahas dalam diskusi selanjutnya.

Bagaimana menurut Anda?

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s