Triangle of life

source

Bangku sekolah desain dari Haishan Deng dari China ini dibuat berdasarkan teori penyelamatan diri dari gempa yang kontroversial dari Doug Copp yang disebut juga Triangle of life. Salah satu terori menyatakan bahwa bila terjadi gempa sebaiknya kita tidak berusaha keluar dari ruangan. angku sekoah ini dapat diubah dengan mudah menjadi shelter berbentuk piramid yang mampu menahan reruntuhan bangunan. Haishan Deng mendesain meja ini karena terinspirasi oleh gempa besar yang melanda Sichuan,  China pada tahun 2008.

Pintu penahan gempa

link

Seorang mahasiswa dari Kinston University, Inggris mendesain sebuah pintu yang sangat kreatif. Dengan memanfaatkan struktur yang biasanya lebih kuat dibanding bagian lain dari rumah, pintu ini dapat dilipat sedemikian rupauntuk menahan rerntuhan dari atas.

Earthquake table

source

Perlindungan dibawah sesuatu seperti meja pada saat gempa bumi mendorong para kreatif untuk menyempurnakan fungsi tersebut, ada yang membuat meja yang tahan reruntuhan dengan dilengkapi berbagai bahan untuk bertahan hidup dibaliknya seperti desain dari D’Esposito & Gaillard di atas, selama korban tertimbun rteruntuhan.

Lifestraw

courtesy of  www.defence.gov.au

link

Produk buatan Vestergaard-Frandsen dari Swiss ini akan meningkatkan kemampuan bertahan hidup para pengungsi. Dengan alat berbentuk sedotan ini, semua air yang disedot melalui alat ini akan menjadi air layak minum.

Helm untuk gempa bumi

link

Helm ini sebenarnya adalah bentukan modern dari tatamet, topi pelindung tradisional yang digunakan pada saat gempa untuk melindungi kepala dari benda- benda yang mungkin berjatuhan. Helm ini sendiri dibuat praktis, dapat dilipat dalam ukuran yang tipis sehingga mudah dibawa kemanapun.

Lifetent

link

Tenda darurat  desain dari Dan Ostrowski ini memenangkan 1 hour Design Challange yang diadakan oleh Core77. Di inspirasi oleh gempa di Haiti, di mana risiko penyakit yang ditimbulkan nyamuk dan kekurangan air bersih sangat tinggi. Tnda ini dapat dilipat dan ditiup dengn mudan, sehingga beratnya sangat ringan. Hebatnya konsep tenda ini dilengkapi dengan psistem penyaring air (dapat menggunakan yang ada secara komersial seperti Lifetraw) dan penampunag air bersih pada seluruh bagian kerangka tenda ini, sehingga pengungsi memiliki jaminan jumlah air bersih yang cukup.

Pondasi/ alas tahan gempa

link

Pondasi serbaguna ini dapat mengalasi apapun, seperti peraalatan elektronik, mesin, bahkan bangunan. Getaran gempa, oleh sistem pegas dari alat buatan Gerb, Jerman ini akan dikurangi dan sebagian diubah menjadi gerakan ayunan yang lebih tidak berbahaya.

Transient Response System

 

Transient Response System

Transient Response System 3

link

Sebuah ide yang gila namun sangat diperlukan. Bila terjadi bencana pada lingkungan yang padat penduduk, dan tidak ada lagi ruang yang cukup luas untuk menolong para korbn, sistem yang satu ini akan sangat berguna. Sistem ini berupa gedung pencakar langit portable. Gedung portable yang sangat mudah disusun dan ditransportasikan ini dijamin memberi ruang yang luas bagi para korban bencana, baik sebagai gedung rumah sakit, information center, atau kebutuhan yang lain.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s