Setiap tahun, majalah Time merilis 50 temuan yang menurut mereka terbaik sepanjang tahun, berikut adalah beberapa penemuan terbaik dalam kategori mereka masing- masing dari  pada tahun 2010:

iPad

link

Dalam kategori teknologi, iPad dari Apple menduduki peringkat tertinggi. Komputer tablet, komputer layar sentuh tanpa keyboard,  ini dianggap jauh mendahului pendahulunya seperti Microsoft’s Tablet karena kesiapan Apple melengkapi berbagai software untuk mendukung kerja iPad.

Amtrak’s Beef-Powered Train

link

Sebuah revolusi dalam dunia transportasi, Amtrak, jawatan kereta api Amerika Serikat, meluncurkan kereta api pertama yang menggunakan bahan bakar biodiesel berbahan dasar sisa buangan industri daging sapi. Kereta ini berjalan dengan solar yang dikombinasi 20% biodisel berbahan sapi tersebut.

Laser pembunuh nyamuk malaria

link

Dari kategori kesehatan, Nathan Myhrvold,pensiunan Microsoft, bekerjasama dengan  Intellectual Ventures Laboratory menciptakan laser yang dapat ditembakkan untuk membunuh nyamuk tanpa menggangu serangga lain termasuk manusia.

Sel sintetik

link

Dalam kategori rekayasa genetika, J. Craig Venter, selama lima belas tahun berusaha menyusun sebuah sel mulai dari kromosomnya satu persatu. Pada akhirnya ia berhasil menyusun sebuah sel bakteri dari tanpa apa- apa, menjadi sebuah sel yang mampu membelah diri/ replikasi.

Pembangkit listrik layang- layang bawah laut

link

Dalam kategori green energy, sebuah perusahaan dari Swedia bernama Minesto, berhasil menciptakan layang- layang pembangkit listrik yang bisasanya diterbangkan di udara, untuk memanen listrik di dalam air. Minesto membuktikan, aaliran air dapat menghasilkan daya 800 kali dibandingkan bila turbin penghasil listrik tersebut digerakkan oleh angin.

Pakaian biotek

link

Dalam dunia fashion, Suzanne Lee, peneliti asal Inggris berhasil menghasilkan serat selulosa dari mikroba yang sama dalam Kombucha tea (teh asam hasil proses fermentasi) yang disebut Biocouture. Serat tersebut dapat dicetak ataupun dijahit menjadi sebuah pakaian. Menurut laporan pakaian yang dihasilkan memilki tekstur seperti kulit namun masih penelitian lebih lanjut untuk menjadikannya sempurna.

Robot penipu

link

Dalam kategori perobotan, Georgia Tech berhasil membuat robot yang mampu mengelabui. Hanya dengan membaca suasana dan lingkungan, robot ini mampu melarikan diri dari musuh tanpa ketahuan, mampu membuat jejak palsu, serta mencari persembunyian yang terbaik. Sangat diperlukan bagi militer pada saat mereka di teritori lawan.

Penjinak bom tenaga air

link

Dalam kategori perlengkapan militer, Sandia National Laboratories menciptakan sebuah alat yang sangat luar biasa. Sebuah alat mini di dalamnya berisi sebuah bom kecil dan kantong air. Ketika bom didalamnya meledak, air akan keluar dengan kekuatan yang sangat tinggi memotong apaun didepannya seperti pisau silet. Alat tersebut diletakkan pada bom yang akan dijinakkan atau benda yang memilki risiko meledak. Ketika air masuk ke dalam sistem bom yang akan dijinakkan, akan mengganggu kerjanya, dan bom dapat diamankan.

Enam besar tahun 2009 dapat dilihat di link berikut.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s