Seed Bomb

link

Sebuah konsep luar biasa untuk menghijaukan gurun pasir atau lahan yang tidak memiliki vegetasi yang cukup. Dengan menggunakan proyektil ini, benih dapat disebarkan melalui pesawat terbang. Setiap proyektil dilengkapi benih tanaman serta segala hal yang diperlukan tanaman untuk hidup pada kondisi yang ekstrim mulai dari masa persemaian hingga tanaman ini sanggup memenuhi kebutuhannnya sendiri.

 

Pot kompos

link

Pot untuk menyemaikan bibit ini terbuat seratus persen dari kotoran sapi yang telah dikomposkan. Ramah lingkungan dan praktis karena pot tersebut dapat ditanam tanpa melepas tanaman dari pot dan akan menambah organik tanah.

 

Pot rumput laut

link

Pot persemaian ini terbuat dari rumput laut yang pastinya ramah lingkungan. Sama dengan pot sebelumnya, pot ini dapat ditanam langsung bersama dengan tanaman yang kita semai.

 

Alat pembuat pot kertas

link

link

link

Dengan alat ini kita dapat memanfaatkan koran atau kertas bekas yang lain untuk dibuat sebuah pot persemaian. Karena sebagian besar kertas adalah selulosa dari tanaman, pot ini cukup kuat menahan tanaman hingga mencapai usia pindah tanam, dan pot ini jugs tidaak akan merusak lingkungan bilamana pot ini ditanam di tanah.

 

Alat pembuat soil block

link

link

Alat ini tinggal ditekankan ke tanah,tanah akan menempel di dalamnya,  ditarik, dan kemudian di dorong untuk melepaskan tanah yang menempel tersebut. Tanah akan tercetak berbentuk kotak, dengan lubang di atasnya untuk digunakan sebagai media persemaian.

Alat pembuat soil block sederhana

link

Dengan memanfaatkan kayu yang bulat dan pipa yang ukurannya sama, kita dapat mebuat soil block berukuran mini. Tanah dimasukkan ke dalam pipa, dengan kayu yang ujungnya memiliki tonjolan kita mampatkan. Dorong keluar, dan kita dapat langsung memanfaatkan soil block kita sebagai pot persemaian.

Alat pembuat peat pot

link

Dengan alat ini kita dapat membuat pot persemaian dari peat soil (tanah gambut) dengan mudah dan murah. Kita dapat memanfaatkan berbagai kaleng untuk membuat berbagai ukuran pot.

 

Pot semai yang dapat dipakai berulang

link

Saat ini bayak beredar berbagai pot semai dari produk recycle polystyrene dalam berbagai ukuran dan jumlah yang dibuat dalam bentuk nampan. Mudah dipindahkan serta mudah untuk melepas tanaman yang telah tumbuh, hanya dengan menekan dasar dari pot, tanaman dapat terlepas dengan mudah.

 

Garbex

link

Produk yang memenangkan Djarum Black Innovation Awards 2010 ini digunakan untuk menggantikan plastik polibag dan dapat digunakan berkali-kali. Cara kerjanya sama seperti pot tanaman, tetapi Garbex dapat dibuka tutup (dibelah) ketika akan memindahkan benih ke media lain, sehingga alat ini masih bisa digunakan berkali-kali untuk benih yang lain.

 

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

 

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s