Meja pelindung gempa

link

Dengan meja ini kita dapat berlindung dari reruntuhan gedung. Dibalik meja ini juga disediakan berbagai keperluan untuk bertahan hidup bilamana kita terjebak di bawahnya.

Bangku sekolah pelindung gempa

link

Berfungsi hampir sama dengan produk pertama, produk yang diberi nama Triangle of Life/ segitiga kehidupan (nama yang diinspirasi dari teri keselamatan gempa kontroversial dari Doug Copp), membuat perlindungan yang lebih kokoh berbentuk piramid yang berfungsi sebagai bangku sekolah. Produk ini terinspirasi oleh gempa dahsyat yang melanda Sichuan,  China pada tahun 2008.

Kalamari

link

Karya kreatif dari  S. Hadi Wibowo M., pemenang Djarum Black Innovation Awards 2007, menggabungkan antara lemari dengan sekoci penyelamat, yang dapat digunakan pada saat banjir sebagai sarana untuk menyelamatkan harta benda maupun untuk menyelamatkan manusia.

The BodyGard Self-Powered Emergency Tool is 12-in-1

link

Alat kecil ini memiliki 12 kegunaan yang sangat diperlukan dalam kiondisi emergency. Fungsi utamanya adalah pembangkit listrik mini yang dapat mengasilkan listrik dengan cara ditekan. Alat ini dapat digunakan untuk memperkuat sinyal handphone, mencharge berbagai perlengkapan listrik, alarm, kompas, dan lain sebagainya.

Lifestraw

courtesy of  www.defence.gov.au

link

Produk buatan Vestergaard-Frandsen dari Swiss ini akan sangat berguna dalam keadaan di mana air bersih sulit untuk didapatkan. Semua air yang disedot melalui alat ini akan menjadi air layak minum.

Penetral air laut

link

Dengan alat seharga US 895 ini, kita dapat menghasilkan air tawar langsung dari air laut. Alat canggih bernama Katadyn Survivor 06 Desalinator ini akan sangat berguna bagi keadaan darurat pada kecelakaan kapal maupun tsunami di mana sumber air tawar biasanya tercemari oleh air laut.

Masker anti bakteri

link

Bentuknya seperti masker disposable biasa, namun masker berharga hanya USD 3 ini dengan tiga lapis filternya dapat menyaring bakteri agar tidak masuk ke dalam sistem pernapasan. Sangat dibutuhkan pada daerah yang terjangkit wabah penyakit ataupun bila terjadi bio attack.

Makanan untuk keasaan darurat

link

Makanan awetan ini dibuat oleh Mainstay khusus untuk keadaan darurat. Makanan ini memiliki umur kedaluarsa hingga 5 tahun, dimana setiap porsinya dapat langsung disantap tanpa takut tersedak meskipun bilamana tidak tersedia minuman apapun.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s