Pesawat bertenaga surya

link

Banyak pesawat terbang berbagai keperluan didesain untuk mampu terbang hanya dengan menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga surya, salah satunya adalah pesawat berpenumpang tungga, Solar Challanger yang saat ini memegang rekor lama terbang dan jarak tempuh bagi pesawat sejenis. Pesawat dengan berat 205 pounds ini mampu menempuh jarak 163 mil selama 5 jam 23 menit.

Le Projet Triangle

link

Piramid modern ini akan selesai pada tahun 2014. Bangunan yang nantinya akan berisi apartemen, perkantoran, serta tempat belanja ini didesain oleh Herzog de Meuron sedemikian rupa untuk mengoptimalkan pemasangan panel surya tanpa membayangi isi gedung, sehingga listrik yang tercipta serta kehangatan dan terangnya matahari yang masuk ke dalam gedung tetap optimal.

Robot penarik kutub

link

Dengan kendaraan berbentuk kotak ini, para petualang maupun peneliti di wilayah kutub tidak perlu lagi menyiapkan cadangan bahan bakar bagi kendaraan yang akan mengangkut mereka ataupun kerepotan mengatur anjing penarik yang masih banyak digunakan di sana. Kotak ini akan memanen sinar matahari yang memiliki intensitas sangat tinggi di daerah kutub, baik secara langsung maupun pantulan dari salju.

Backpack dengan solar panel

link

Backpack seharga USD 220 ini adalah impian para pecinta gadget, dengan tas ini kita dapat mencharge berbagai gadget kita berkat sebuah panel matahari di sisi depannya. Tas ini dibuat dari hasi recycle gelas dan botol PET.

Solar cell carport

link

Area parkir, biasanya menggunakan bagian terluas dari suatu bangunan komersial kecuali bila menggunakan gedung parkir. Dengan atap solar cell ini, selain meneduhkan mobil di bawahnya, listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan termasuk unrtuk me-recharge ulang mobil listrik ataupun kendaraan listrik yang kini mulai banyak diperkenalkan.

Kaca mata dengan pembangkit listrik tenaga matahari

link

Kaca mata konsep yang diberi nama The Sig ini memiliki lensa yang dilapisi dengan solar cell tipis yang mampu menangkap sinar matahari dan dikonversikan menjadi listrik. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk menyalakan berbagai gadget.

Batu batere bertenaga surya

link

Meski dalam tahap prototip dan butuh banyak penyempurnaan, konsep ini sangat luar biasa, kita tinggal menjemur batu batere kita yang telah kehabisan daya listriknya beberapa saat, dan betere tersebut siap dipakai kembali.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s