Ilmuwan selalu berusaha untuk mendapatkan material- material baru yang memungkinkan berbagai inovasi baru dapat terwujud, berikut sebagian dari material- material tersebut.

Elastic water

link

Ilmuwan Jepang baru- baru ini berhasil menciptakan suatu bahan yang sebagian besar terdiri dari air (95%), bening, kenyal seperti agar- agar, namun sangat elastis tidak mudah tercerai. Material yang mampu terdegradasi oleh mikroba (biodegradable) ini memiliki potensi untuk membuat bahan pengganti plastik.

Plastic steel

link

Ilmuwan dari University of Michigan berhasil menemukan bahan yang mampu dibuat setipis dan sebening plastik, namun memiliki kekuatan seperti baja. rahasianya adalah 300 lapis jaringan seperti tembok berukuran nano pada polimer yang mampu larut di air.

Synthetic Moissanite

link

Mineral tiruan dari mineral langka Moissanite, dikatakan memiliki spesifikasi lebih dibanding berlian kecuali harganya, di mana kekerasannya melebihi berlian yang dianggap sebagai mineral paling keras selama ini. Moissanite menggantikan fungsi berlian yang terlalu mahal seperti untuk mata bor, penghantar panas, dan tentu saja perhiasan indah yang lebih murah.

Biodegradable plastic

courtesy of Sustainable is good

link

Saat ini mulai banyak produk yang terbuat dari biodegradable plastic, bahan yang berfungsi seperti plastik, terbuat dari zat tepung dari tumbuh- tumbuhan. Plastik ini mampu diurai oleh mikroba yang ada di lingkungan kita, sehingga tidak mengotori lingkungan dalam waktu yang lama seperti plastik konvensional.

Frozen smoke

link

Saat ini material yang bermerek dagang Aerogel iniadalah benda padat teringan di dunia. Bahan yang sangat kuat  ini memiliki potensi sebagai bahan pesawat ruang angkasa, shelter bom, dan penahan panas (mampu menahan panas hingga 1.300 derajat celsius). Bahan ini dibuat sengan cara mengekstraksi air dari silica gel, dan menggantikannya dengan gas seperti karbon dioksida.

Graphene

link and link

Material ini saat ini diklaim sebagai material terkuat yang pernah ada. Berbentuk lembaran setebal atom, terbuat dari atom karbon yang terjalin seperti sarang lebah. Material yang ditemukan oleh para peneliti di University of Manchester, Inggris dan Institute for Microelectronics Technology,  Chernogolovka, Russia ini kecuali merupakan material terkuat, mungkin juga merupakan material termahal yaitu sekitar $100,000,000/cm2.

Material ini memiliki potensi menggantikan silikon sebagai bahan mikroprosesor masa depan.

Lem dari katak

Courtesy of Frogs Australia

link

Peneliti dari Australia berhasil menemukan bahan pelekat (lem) organik yang sangat kuat dari katak genus Notaden yang hidup di Australia. Lem ini dapat melekatkan berbagai benda termasuk teflon (salah satu material terlicin) sekalipun dalam kondisi lembab. Lem ini memiliki potensi sebagai pelekat pada operasi- operasi yang sulit dilakukan seperti pada operasi perbaikan lutut.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

One response »

  1. Fu Affu Ghofur says:

    hhaha, ilmuwan itu emang pada kreatif yach…
    ada-ada aja yang ditemuin mereka..
    jadi pengen kayak mereka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s