Asimo

link

Robot legendaris buatan Honda ini merupakan bukti kecanggihan Honda dalam menghadapi perubahan jaman. Robot ini mampu bergerak sempurna menirukan gerakan manusia, dari berjalan, berlari, mengendap- endap, melambaikan tangan, memberi salam, serta mampu melakukan beberapa tugas lain sepeti mengantar minuman, dan lain- lain.

Aibo

link

Mainan keluaran Sony ini melebihi kemampuan dari sekedar mainan biasa. Robot bebrbentuk anjing kecil ini mampu mengenali lingkungannya, serta menerima perintah lisan dari pemiliknya.

Mobiro

link

Robot buatan Toyota setinggi 5 feet ini melengkapi robot- robot pemusik dari Toyota. Robot yang memiliki 17 komputer untuk mengendalikan sendi- sendinya ini mampu memainkan biola dengan sempurna.

Ri-Man

link

Robot yang satu ini memiliki kemampuan uuntuk merawat orang sakit dan orang tua. Robot ini diprogram melakukan gerakan- gerakan lembut untuk mengangkat atau memindahkan pasien, dan hebatnya robot ini mampu menganalisa dan mengenali secara visual, pendengaran, dan bau, bila seseorang mengalami serangan jantung.

HRP-4C

link

Sebuah robot yang mirip manusia (humanoid) yang difungsikan sebagai model catwalk. Robot berwajah cantik tipe manga ini mampu berjalan dengan lembut dan memberi salam, meski tidak selembut model sesungguhnya.

Hal-5

link

Hybrid Assistive Limb – 5 bukanlah robot seperti pada umumnya, tapi merupakan ekso skeleton yang mampu menambah kemampuan bagi pemakainya (mirip Iron Man). Robot buatan Cyberdyne Inc. dari Jepang ini mampu mengenali perintah dari sinyal otak, pergerakan kulit, dan otot. Robot ini digunakan untuk orang- orang yang memiliki cacat tubuh sehingga mampu bergerak dengan lebih sempurna.

Robonaut

link

Sebuah robot berbentuk badan manusia tanpa kaki ini dikembangkan oleh badan antariksa Amerika NASA. Robot yang masih dalam tahap penyempurnaan ini (perkiraan selesai pada September 2010) diharapkan mampu menggantikan fungsi astronot dalam melakukan misi- misi yangberbahaya di luar angkasa.

da Vinci

link

Sistem operasi yang dilengkapi tangan robotik (4th Arm)  buatan Intuitive Surgical ini bentuknya tidak seindah robot- robot lain, namun jangan tanya kemampuannya. Robot ini mampu menyempurnakan berbagai  prosedur yang dilakukan ahli bedah. Sistem dari robot ini mampu memfilter gerakan- gerakan yangtidak seharusnya, serta mampu memberi analisa terhadap tindakan yang telah dilakukan. Diklam penggunaan alat ini akan mengurangi luka serta, mengurangi risiko operasi, serta mapu menurunkan angka infeksi pasien tidak perlu bersentuhan dengan manusia yang memungkin membawa kuman penyebab infeksi.

Tribolite

link

Electrolux, produsen perlengakapan rumah tangga ternama memasarkan seri robot vacuum cleaner yang dinamai Tribolite. Tribolite mampu diprogram membersihkan lantai selama 24 jam penuh tanpa bantuan manusia, dan hebatnya mampu menuju ke terminalnya untuk men-charge batere sendiri bila kekurangan energi.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s