Rubik’s Cube adalah mainan asah otak yang diciptakan oleh seorang jenius dari Hungaria Ernő Rubik. Hingga saat ini mainan berbentuk kubus (cube)  ini terbuat dari plastik, terdiri atas 26 kubus kecil yang dapat berputar pada porosnya. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda, di mana produk klasik memeiliki warna: merah, putih, kuning hijau, biru, dan kuning. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya. Hingga saat ini mainan ini telah terjual lebih dari 350 juta buah di seluruh dunia. Karena itu banyak orang mulai berkreasi dan berinovasi dengan menggunakan mainan ini sebagai sumber inspirasi untuk membuat mainan baru yang lebih seru, berikut sebagian dari mereka.

Sudokube

link

Gabungan antara permainan angka sudoku dari Jepan dengan Rubik’s Cube. Nggak kebayang susahnya.

Pentamix

link

Rubik’s Cube tersusah. Rubik’s Cube tradisional hanya memiliki 26 bidang yang harus disatukan warnanya, monster game buatan Jason Smith ini memiliki 1.212 bidang.

Rubik’s Cube Braille

link

Karya dari Konstantin Datz, memungkinkan para tunanetra dapat bermain Rubik’s Cube.

Blind Cube

link

Untuk menambah susahnya Rubik’s Cube, beberapa konsep menawarkan sebuah Rubik’s Cube dengan permukaan yang tidak rata atau bertekstur, sehingga pemain tanpa melihat dapat merasakan tekstur permukaan cube dan mencocokkannya manjadi satu sisi dengan tekstur yang sama

3-D IQ Sphere: Rubik’s Ball

link

Bila Anda sudah bosan dengan yang kotak, sekatrang tersedia dengan bentuk bulat seharga USD 9.

Piraminx

link

Bosan dengan yang kotak dan yang bulat, kini ada yang berbentuk piramid.

Glass Rubik

link

Bila hampir kebanyakan Rubik’s Cube terbuat dari plastik, yang satu ini terbuat dari kaca tembus pandang. Bila kita sudah frustasi dengan permainannya, kita dapat gunakan sebagai pajangan meja yang cukup indah.

Dimond Rubik

link

Mungkin salah satu Rubik’s Cube termahal, dibuat oleh Diamond Cutters Internationaluntuk memperingati  ulang tahun Rubik’s Cube ke-15. Total terbuat dari emas murni yang dihiasi berbagai batu permata beraneka warna sebanyak 185 karat.

Rubik’s Slide

link

Dengan Rubik’s Cube tradisional kita harus memecahkan enam sisi dengan kesempatan melihat keenamnya. Dengan Rubik’s slide Anda harus menyelesaikan enam sisi, tapi hanya dapat melihat satu sisi. Bisa kebayang susahnya memainkan Rubik elektronik ini.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

One response »

  1. aditya says:

    saya seneng sekali dgn permainan rubik ini apalagi dengan bermacam-macam bentuk membuat. tolong kirimi kunci dari setiap bentuk permainan ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s