Sejak jaman dahulu para kreator berusaha menciptakan berbagai jenis kendaraan atau alat transportasi untuk mempermudah pergerakan dari satu tempat ke tempat lain. Saat ini kebutuhan- kebutuhan yang lain turut menginspirasi alat transportasi yang ada, berikut di antaranya.

Segway

Courtesy of Planet Damage

link

Kendaraan tipe baru ini hanya memiliki dua roda yang sejajar bersebelahan, bukan di muka dan belakang seperti sepeda. Kendaraan bertenaga batere ini hanya dikendalikan dengan sensor yang mengenali kecondongan berat tubuh kita, sehingga hanya dengan memberatkan badan kita ke salah satu sisi. kendaraan ini akan bergerak ke arah sana. Inovasi luar biasa dari kendaraan ini adalah kemampuan menyeimbangkan diri yang dikontrol sistem komputer canggih.

M400 Skycar

link

Sebuah pesawat terbang ringan dengan 4 penumpang yang diperuntukkan bagi konsumen retail. Pesawat buatan Moller International  menerapkan konsep VTOL (Vertical Take-Off and Landing) sehingga tidak memerlukan landasan pacu yang panjang untuk menerbangkan dan mendaratkannya, pengguna dapat menyimpannya di garasi rumahnya dan tinggal landas dari halaman rumah mereka. Pesawat ini dilengkapi pula dengan parasut, yang mampu menahan beban pesawat dan mendaratkannya dengan selamat bila terjadi gangguan mesin di udara.

Aquada

link

Kendaraan keluaran Gibbs Technologies dari Inggris ini adalah gabungan dari sebuah mobol sport dan speed boat. Kendaraan 3 penumpang seharga USD 85.000 ini mampu mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam di darat dan 50 km/jam di air.

Transparent Canoe-Kayak

link

Sebuah inovasi sederhana, badan kayak terbuat dari polymer tembus pandang memungkinkan pengendara kayak dapat melihat pemandangan di dalam air. Kayak ini dijual dengan harga $1.600.

Honda UX-3

link

Sebuah kendaraan konsep dari Honda. Kendaraan praktis beroda satu ini stabil dikendarai karena memiliki sistem keseimbangan yang sama dengan yang digunakan pada robot Honda yang legendaris ASIMO.

Subaru WRX STI TRAX

link

Mobil salju keluaran Subaru ini dilengkapi dengan mesin berkekuatan 400 tenaga kuda, dan mampu bergerak lincah di atas salju . Mobil dengan body dari serat karbon ini adalah besutan Ken Block dari tim Monster World Rally Team dan diproduksi olehVermont SportsCar, USA.

Uscull

link

Sudah hal yang umum bila sebuah perahu digerakkan oleh dayung, namun sedikit berbeda dengan konsep dari Milko Ozlu, kreasinya berupa sebuah kapal selam berpenumpang tunggal dengan tenaga penggerak dayung.

Mattracks Powerboard

link

Sebuah konsep baru berkendaraan di atas salju. Berbentuk seperti snowboard, namun dilengkapi sebuah mesin berukuran 200 cc. Kendaraan ini mampu meluncur dengan kecepatan mencapai 18 mile/ jam.

Light Sail 1

link

Sebuah proyek yang di namai Light Sail 1, memanfaatkan gelombang Photon dari matahari untuk mendorong layar dari sebuah pesawat ruang angkasa. Konsep ini memungkinkan sebuah pesawat ruang angkasa bergerak secepat cahaya tanpa perlu menambah bahan bakar lagi. Konsep ini memungkinkan manusia menjelajah ruang angkasa tanpa bahan bakar yang jumlahnya pasti terbatas.

Spaceship Two & Virgin Mothership Eve

Spaceship Two courtesy of  Barrel Chested Palpatine

Virgin Mothership Eve courtesy of Space

link

Dengan dua pesawat ini Virgin Atlantic, penyedia jasa tour ke luar angkasa milik Sir Richard Branson akan mewujudkan keinginan 330 pelancong kaya untuk berjalan- jalan ke ruang angkasa dengan tarif USD 200.000. Untuk menuju orbit, pesawat ini akan dibawa oleh sebuah kapal induk yang dinamai Virgin Mothership Eve.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s