Sebentar lagi kita merayakan hari Kartini untuk menghormati emansipasi wanita di negeri kita, kali ini kami ingin menampilkan beberapa sosok wanita luar biasa yang terkadang kita tidak sadar bahwa temuan mereka yang kita gunakan adalah hasil daya kreatif mereka, dan pemikiran- pemikiran yang cemerlang ternyata  muncul dari sosok feminim mereka.

Rosa Abendanon – Mandri

Courtesy of Pustaka Daluang

link

Beliau adalah wanita Belanda kawan pena dari R.A. Kartini, yang pada akhirnya menjadi istri dari J. H. Abendanon Menteri Kebudayaan, agama, dan industri di Hindia Belanda. J.H. Abendanon sendiri adalah sosok dibalik diterbitkannya kumpulan surat- surat R.A. Kartini yang sebagian besar kepada istrinya menjadi sebuah buku berjudul Door Duisternis tot Licht (diterjemahkan oleh Sulastin Sutrisno dengan judul Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya dan Armijn Pane menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang). Rosa adalah pihak yang dipercaya memiliki pengaruh besar kepada R.A. Kartini atas pandangannya terhadap emansipasi wanita di Jawa waktu itu.

Mary Anderson

Windshield wiper inventor Mary Anderson by Birmingham Public Library (AL).

Courtesy of Flickr

link

Pada tahun 1916, beliau menemukan pembersih kaca (wiper) untuk mobil yang mampu dioperasikan oleh pengemudi dari dalam mobil. Wiper pertama temuannya meski masih manual mendapat perhatian luar biasa dari industri mobil saat itu dan menjadi perlengkapan standar dari mobil- mobil yang diproduksi.

Mary Phelps Jacob

Caresse Crosby Brassieres adalah nama perusahaan yang menaungi produksi dari Brassiere yang berarti lengan atas dalam bahasa Perancis. Barassiere adalah breast holder (BH) modern pertama yang nyaman digunakan menggantikan korset, pakaian dalam wanita jaman dulu yang sangat menyiksa penggunanya.

Susan Hibbard

Courtesy of House Cleaning for You

link

Adalah penemu dan pemegang paten duster (bulu ayam/ sulak). Pada 1876, beliau menyusun bulu kalkun menjadi sebuah alat pembersih yang praktis untuk menghilangkan debu di perabotan.

Marie Curie

link

Peraih Nobel dua kali ini bersama suaminya Pierre Curie berhasil menyempurnakan teknologi X ray dan menemukan unsur Radium yang tingkat keradioaktifannya satu juta kali lipat dibandingkan Uranium yang telah ditemukan sebelumnya. Pada perkembangannya Radium juga digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan penyakit kanker.

Stephanie Kwolek

courtesy of IES San Paio

link

Wanita asal Pennsylvania ini menemukan serat Kevlar, suatu bahan yang sangat ringan namun lima kali lebih kuat dibandingkan baja pada tahun 1946 ketika beliau bekerja pada DuPont Company. Serat sintetik ini digunakan untuk berbagai keperluan seperi rompi anti peluru serta pelindung yang lain.

Bette Nesmith Graham

Graham

courtesy of MIT

link

Wanita kelahiran 1924 ini berhasil menemukan liquid paper atau cairan putih untuk menutupi tulisan yang salah (correction liquid seperti merek Tip-Ex atau Pentel).

Dr. Grace Murray Hopper

Courtesy of The Bulletin

link

Purnawirawan angkatan laut US ini adalah jenius dunia komputer mula- mula, beliau menemukan salah satu bahasa pemrograman tertua yang dinamai COBOL (Common Business-Oriented Language) pada tahun 1959. Pada masanya bahasa pemrograman ini digunakan oleh institusi perbankan, keuangan, manajemen, dan emerintahan.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s