Banyak penemuan hanya  memodifikasi desain dari produk yang sudah ada, namun ada pula beberapa penemuan yang merupakan hasil pemikiran yang out of the box dari kreatornya. Berikut sebagian penemuan- penemuan dan ide- ide yang mencoba keluar dari pola produk yang telah ada sebelumnya, bukan merupakan konsep namun telah berhasil direalisasikan.

Kipas angin tanpa kipas

link

Dyson, perusahaan home appliance terkemuka menciptakan dan memasarkan kipas angin tanpa kipas (blade) yang pertama di dunia. Kipas angin yang dinamai Air Multiplier ini mampu menghembuskan angin yang stabil dan tidak berisik.

Segway

courtesy of WILLisms

link

Kendaraan tipe baru ini hanya memiliki dua roda yang sejajar bersebelahan, bukan di muka dan belakang seperti sepeda. Kendaraan bertenaga batere ini hanya dikendalikan dengan sensor yang mengenali kecondongan berat tubuh kita, sehingga hanya dengan memberatkan badan kita ke salah satu sisi. kendaraan ini akan bergerak ke arah sana. Inovasi luar biasa dari kendaraan ini adalah kemampuan menyeimbangkan diri yang dikontrol sistem komputer canggih.

Ranjang melayang

courtesy of Luxury Insider

link

Ranjang termahal di dunia ini(USD 1,6 juta) didesain dan dipasarkan oleh Janjaap Ruijssenaars pemilik Universe Architecture dari Belanda. Ranjang keren ini memanfaatkan dua kutub magnet yang berbeda disisi bawah ranjang dan sisi lantai. Agar stabil, ke empat ujung ranjang ini diikat oleh kabel tipis pada lantai.

Biodegradable plastic

courtesy of Sustainable is good

link

Saat ini mulai banyak produk yang terbuat dari biodegradable plastic, bahan yang berfungsi seperti plastik, terbuat dari zat tepung dari tumbuh- tumbuhan. Plastik ini mampu diurai oleh mikroba yang ada di lingkungan kita, sehingga tidak mengotori lingkungan dalam waktu yang lama seperti plastik konvensional.

Q drum

link

Dengan wadah air jenius ini, kita dapat mengangkut air dalam jumlah relatif lebih banyak, lebih cepat, dan higienis dibanding dengan cara tradisional.

Wisata ke ruang angkasa

courtesy of Planeta Millon

link

Virgin Galactic salah satu anak perusahaan dari Virgin, Inggris mulai menjual tiket wisata ke ruang angkasa untuk pertama kali. Di sediakan 300 buah kursi untuk 300 astronot amatir dengan harga tiket USD 200.000.

Robot vacuum cleaner

link

Electrolux, produsen perlengakapan rumah tangga ternama memasarkan seri robot vacuum cleaner yang dinamai Tribolite. Tribolite mampu diprogram membersihkan lantai selama 24 jam penuh tanpa bantuan manusia, dan hebatnya mampu menuju ke terminalnya untuk men-charge batere sendiri bila kekurangan energi.

Synthetic Moissanite

link

Mineral tiruan dari mineral langka Moissanite, dikatakan memiliki spesifikasi lebih dibanding berlian kecuali harganya, di mana kekerasannya melebihi berlian yang dianggap sebagai mineral paling keras selama ini. Moissanite menggantikan fungsi berlian yang terlalu mahal sepeeti untuk mata bor, penghantar panas, dan tentu saja perhiasan indah yang lebih murah.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s