Di jaman di mana energi yang berasal dari fosil (minyak bumi) semakin terbatas, energi alternatif semakin menjadi perhatian bagi para pengguna energi. Selain itu penghematan juga semakin digalakkan untuk menghemat sumeber daya energi yang makin menipis tersebut.

LiTraCon – beton tembus cahaya

link

Bahan penyusun tembok (building blok) modern ini di desain oleh LiTraCon dari Hungaria. Bahan ini dapat menggantikan semen dan bata konvensional, menghasilkan dinding yang tembus cahaya, sehingga gedung yang menggunakannya dapat menghemat listrik yang digunakan untuk sumber penerangan.

Generator tenaga air mini

link

Alat yang dinamai Vena Micro-hydro turbine ini adalah sebuah generator serbaguna mini yang mudah dipindah dan di bawa- bawa. Sangat cocok untuk peneliti ataupun para pecinta alam. Alat ini mampu menjadi sumber energi untuk handphone, laptop, ataupun lampu penerangan.

Konser tenaga sepeda

link

Sebuah perusahaan bernama Electric Pedals mengorganisir berbagai acara seperti konser dengan sumber listrik yang diperoleh dari beberapa generator yang digerakkan oleh kayuhan. Siapa yang mengayuh? Penonton yang ingin konsernya tetap berjalan. Bayangkan kalo pesta kawinan di Indonesia menggunakan konsep ini, tetangga tidak perlu mendengarkan berisiknya genset tua sepanjang malam.

Layang- layang untuk kapal

link

Tidak terbayang berapa besar energi yang digunakan untuk menggerakkan kapal- kapal pengangkut peti kemas. Dengan konsep dari Project Beluga ini, permasalahan tersebut dapat dipecahkan. Sebuah layang- layang raksasa dibentangkan untuk menggerakkan kapal di laut bebas. Konsep ini telah dibuktikan berhasil pada tahun 2008, dengan pelayaran perdana dari Jerman ke Venezuela.

Layang- layang luar angkasa

link

Sebuah proyek yang di namai Light Sail 1, memanfaatkan gelombang Photon dari matahari untuk mendorong layar dari sebuah pesawat ruang angkasa. Konsep ini memungkinkan sebuah pesawat ruang angkasa bergerak secepat cahaya tanpa perlu menambah bahan bakar lagi. Konsep ini memungkinkan manusia menjelajah ruang angkasa tanpa bahan bakar yang jumlahnya pasti terbatas.

Handphone tenaga air

link

Pada tahun 2010 ini direncanakan Samsung akan meluncurkan handphone bertenaga air pertama di dunia. Menggunakan hidrogen yang diperoleh dari air sebagai sumber energinya.

Listrik tenaga ombak

link

Pacific Gas & Electric, perusahaan penyedia listrik di Amerika telah mengumumkan bahwa pada tahun 2012, sebagian negara bagian California akan menikmati listrik yang di dapatkan dari generator bertenaga ombak laut. Pada tahap awal akan menghasilkan 2 megawatt, namun akan diperluas hingga  100 megawatt dan mengurangi emisi gas buang hingga 245 ton karbon dioksida per tahun.

Toilet penghemat air

link

Menghemat air berarti juga menghemat energi yang digunakan untuk mendistribusikan air tersebut. Caroma perusahaan sanitair terkenal dari Amerika meproduksi toilet duduk yang dinamai Smart 305. Produk ini memadukan wastafel untuk mencuci tangan dengan sebuah toilet, di mana air buangan wastafel tersebut akan tertampung di tempat penampung air untuk di gunakan menggelontor apapun yang kita buang di dalam toilet.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

One response »

  1. haryoshi says:

    nice post….

    visit me ok…
    fmipa unand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s