Dengan semakin mahalnya tanah dan rumah, ruang atau tempat penyimpanan (storage)yang tidak memakan ruang menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan, berikut adalah beberapa ide brilian untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Laci tangga

link

Biasanya hanya ruang kecil di bawah tangga yang digunakan sebagai tempat penyimpanan yang berantakan (ingat film Harry Potter). Berbeda dengan tangga yang didesain oleh Unicraft Joinery dari Australia ini, setiap tingkatnya berfungsi sebagai laci penyimpanan, sehingga ruang yang biasanya terbuang di bawah tangga dapat berfungsi secara optimal.

Tangga rak buku

link

tangga yang didesain oleh Manuel Maia Gomes ini mampu menyimpan 6000 buku, bayangkan berapa besar ruang yang dapat dihemat.

Clever kitchen

link

Dengan kitchen set buatan CC Concept dari New Zealand ini kita dapat menghemat ruang dapur kita. Kitchen set ini berbentuk  lemari silinder, di mana dapat diputar 180 derajat dan mampu memuat hampir seluruh peralatan dapur dan berfungsi pula sebagai penyimpanan bahan makanan.

Bookseat

link

Konsep ini menggabungkan antara kursi santai dengan rak buku dengan memanfaatkan ruang di sisi bawah kursi. Rak buku diatur secara jenius memenhi hampir seluruh sisi bawah dan belakang dari kursi.

Spiral cellar

link

Tempat penyimpanan minuman anggur (wine) yang harus dimiliki oleh pecinta wine yang tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan koleksinya. Ruangan ini di buat di bawah tanah, dengan pintu masuk kecil yang tidak menyolok sehingga tetap menyatu dengan ruangan. Ide briliannya adalah menyatukan tempat meletakkan wine, melingkar mengikuti lekukan tangga memudahkan pengambilan dan menambah ruang simpan.

Tangga penyimpanan buku

link

Ruang penyimpanan jenius ini didesain oleh Levitate Architecture and Design Studio, Inggris. Firma ini berhasil menciptakan penghematan ruang yang luar biasa dengan menggabungkan tangga melingkar yang memenuhi ruangan, dengan rak- rak buku di sela- sela anak tangganya.

Blob

link

Blob adalah sebuah container besar berbentuk telur yang dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan, serta dapat digunakan sebagai kamar tambahan atau kantor sementara bila diperlukan. Obyek ini didesain oleh dmvA, Belgia dan mendapat kehormatan untuk didispali di Verbeke Artfoundation.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

One response »

  1. soffe says:

    inovatif, krean abis, simpel n g’ bikin ribet dimata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s