Setiap tahun, majalah Time merilis 50 temuan yang menurut mereka terbaik sepanjang tahun, berikut adalah 6 besar dari list tahun 2009:

Roket Ares

link
Roket hasil rekayasa dari NASA setinggi 100 m dan berbahan bakar padat ini adalah andalan para peneliti roket untuk dapat membawa manusia menuju dimensi baru penjelajahan ruang angkasa.

Tuna yang diternakkan pada tangki

link

Hasil kerja panjang dari Clean Seas, perusahaan perikanan dari Australia, berhasil mengembangbiakkan Blue Fin Tuna yang harganya sangat mahal dalam tangki- tangki pembiakan.

Bola lampu hemat enerji dari Philips

link

Philips, perusahaan elektrik dari Belanda berhasil memenangkan U.S. Department of Energy’s L Prize competition, yang bertujuan mencari pengganti alternatif bola lampu 60 w yang populer digunakan di Amerika Serikat. Philips mengajukan sebuah lampu LED yang mampu menghasilkan cahaya seperti bola lampu 60 w namun hanya menggunakan listrik 10 w dan mampu digunakan selama 25.000 jam atau 25 kali dari lampu yang ada di pasaran. Lampu ini memenangkan kontrak pemerintah senilai US$ 10 juta.

Pengatur suhu pintar

link

Seth Frader-Thompson membuat Energy Hub, suatu alat untuk memonitor penggunaan energi, baik gas maupun listrik pada rumah tangga. Dengan alat tersebut kita bisa menghitung berapa nilai dari energi yang kita gunakan atau penghematan yang telah kita lakukan.

Project Natal dari Microsoft

link

Microsoft menghasilkan sebuah konsep baru dalam bermain video game yang dinamai sebagai Project Natal. Konsep ini memungkinkan orang bermain video game hanya dengan gerakan tubuh kita, tanpa alat apapun yang perlu di bawa atau dikenakan ataupun hanya dengan  suara.

Teleportasi

link

Para saintis dari University of Maryland’s Joint Quantum Institute berhasil melakukan teleportasi data dari sebuah atom ke sebuah kontainer yang berjarak 1 meter.

21/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

One response »

  1. […] besar tahun 2009 dapat dilihat di link […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s