Semangka kotak

link

Ini adalah inovasi agribis buah Jepang guna menghemat ongkos pengiriman, sebab bila buah semangka kotak, tidak akan ada ruang yang terbuang bila semangka tersebut harus ditumpuk. Alih- alih membuat lebih efisien, semangka tipe ini sekarang dihargai US$83 di Jepang sana, dibandingkan semangka bulat biasa yang “hanya” US$15 – 20. Cara membuatnya cukup memakan waktu, sebab buah semangka dimasukkan kedalam suatu kotak yang harus selalu diganti pada saat ukurannya mebesar. Alat untuk membuatnyapun kini telah dijual bebas dipasaran.

Semangka piramid

link

Hasil pengembangan dari dari semangka kotak. Dengan metode yang sama, semangka dibentuk seperti piramid.

Semangka berbentuk hati

link

Yang ini sangat luar buasa, sangat cocok untuk valentine’s day, tapi saya yakin semua kekasih akan memutuskan pasangannya bila hanya mendapatkan hadiah ini. Inovasi dari Hiroichi Kimura, petani dari Kumamoto, Jepang. Mau tahu harganya? US$ 160 per biji.

Pir berbentuk patung (mirip) Buddha

link

Inovasi luar biasa dari Gao Xianzhang, seorang petani dari desa Hexia, China Utara. Konsepnya hampir sama dengan membuat Semangka kotak, buah pir yang masih kecil dimasukkan ke dalam wadah plastik cetakan patung yang mirip Buddha sedang bertapa. Gao mampu menghasilkan 10.000 buah dari kebunnya dan dijual dengan harga US$7 per buahnya. Buah mahal ini dipercaya membawa keberuntungan bagi pembelinya.

Timun berbentuk bintang dan hati

link

Jepang memang sumber inspirasi yang tidak pernah berhenti. Kali ini mereka menciptakan timun yang pada saat dipotong potong, irisannya berbentuk hati dan bintang. Cetakannya saat ini telah dijual bebas di pasaran

01/01/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s