Tweel

link

Tweel adalah sebuah ban konsep dari Michelin, produsen ban ternama dari Perancis. Ban ini tidak memiliki kantong udara sebagai penahan beban seperti pada ban yang lain, namun disangga oleh jari- jari yang flexible tapi kuat. Ban ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kendaraan. Karena tanpa udara, tidak perlu takut bocor.

Gyrowheel

Courtesy of OhGizmo

link

Inovasi luar biasa ini memungkinkan anak- anak belajar bersepeda tanpa roda tambahan dan tanpa perlu takut terjatuh. Roda ini mampu mempertahankan berdiri dengan tegak karena sistem gyroscope (seperti pada Segway) yang memberi keseimbangan luar biasa. Selain untuk sepeda anak- anak, roda ini dapat diaplikasikan pada berbagai alat transportasi beroda dua untuk menambah keseimbangannya.

Roda pentagonal

link

Sebuah konsep dari pembuat mainan Karelian Agency. Roda yang tidak bulat ini diklaim memberi kestabilan bagi pengendara, karena ketinggian pengendara diatur sedemikian rupa tetap stabil pada ketinggian yang sama dari permukaan. Konsep ini dapat juga digunakan pada kereta bayi agar tidak mudah tergelincir ketika sedang berhenti.

Roda dari sepeda ECO//07

link

Konsep sepeda lipat dari Victor M. Aleman ini sungguh luar biasa. Ia berpikir out of the box dengan membuat tipe roda baru yang dapat dilipat sekecil mungkin. Dengan itu memungkinkan sepeda dengan ukuran roda normal dapat dilipat sekecil mungkin.

Ban amphibi

link

Konsep kendaraan amphibi karyaJanne Leppänen, Tuulia Miettinen, Roope Kolu, Tiemen Stelwagen dan  Jaap Van Der Voort ini didukung sebuah konsep roda yang sangat jenius. Roda dapat berfungsi sebagai ban tanpa udara untuk perjalanan di darat, dan dapat berubah menjadi baling- baling pada saat bergerak di air.

Ban anti bom

link

Ban tanpa udara ini adalah hasil pengembangan United Wisconsin’s Madison Polymer Research Center. Diklaim mampu meredam getaran secara optimal dan tahan terhadap ledakan bom pada kekuatan tertentu.

Roda sepeda anti maling

link

Ban sepeda ini dapat dipecah- pecah menjdi beberapa bagian, sehingga tidak mungkin dikendarai dan maling tidak akan meliriknya.

Roda salju

link

Roda berantai (seperti roda tank) pada mobil salju keluaran Subaru ini memungkinkan kendaraan berkekuatan 400 tenaga kuda ini mampu bergerak lincah di atas salju . Mobil dengan body dari serat karbon ini adalah besutan Ken Block dari tim Monster World Rally Team dan diproduksi olehVermont SportsCar, USA.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About these ads

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s