Banyak tokoh superhero serta tokoh kartun digambarkan sebagai orang yang pintar dan kreatif, berikut adalah sebagian dari mereka.

Iron Man

courtesy of http://darjeelingtea16.livejournal.com/

link

Tokoh kayalan karya Stan Lee, Anthony Edward “Tony” Stark, milyuner jenius menciptakan sebuah baju seragam yang terbuat dari besi (versi terbarunya disebut sebagai liquid metal) yang sangat kuat, tahan pukulan dan tembakan. Stark memperlengkapi seragam ini dengan berbagai gadget seperti senjata, roket untuk terbang, serta goggle yang mampu mendeteksi dan menganalisa keadaan sekitar, tidak lupa Stark melengkapinya dengan jantung artifisial yang menjadi sumber energi yang membuatnya menjadi kuat dan untuk menggantikan fungsi jantungnya yang telah rusak.

Professor John I.Q. Nerdelbaum Frink, Jr.

link

Menurut saya adalah tokoh yang palinng imajinatif. Digambarkan sebagai orang terpintar dalam serial The Simpsons, Professor Frink telah menemukan berbagai barang yang berguna sampai yang tidak berguna. Dia seorang visioner dan inovator, meski salah satu visi dia tentang komputer salah kaprah, dia bilang dalam kisah kilas baliknya ketika dia masih aktif  mengajar di Springfield Heights Institute of Technology bahwa komputer akan semakin besar dan semakin mahal sehingga tidak ada seorangpun yang mampu membelinya.

Fantastic 4′s Mister Fantastic

link

Mister Fantastic adalah julukan bagi seorang jenius bernama Reed Richards, dia berhasil membuat pesawat ruang angkasa untuk meneliti sabuk  radiasi (Van Allen) di luar bumi. Pesawat ini pula yang membawanya beserta ketiga rekannya Susan StormJohnny Storm dan Ben Grimm serta calon musuh mereka Victor Von Doom terpapar radiasi dan bermutasi menjadi berbagai hal, ada yang mampu berubah menjadi api, ada yang mapu menghilang, ada yang menjadi manusia batu, ada yang menjadi manusia logam, dan Reed sendiri mampu melenturkan serta memanjangpendekkan bagian tubuhnya.

Edna Mode

link

Perancang busana keturunan China Jerman ini merancang dan memproduksi kostum para superhero. Desainer yang memiliki rambut tebal seperti perancang busana terkenal Kenzo  ini memiliki kreatifitas dan kemampuan yang luar biasa dalam medesain baju- baju superhero dengan menyesuaikan kemampuan mereka, seperti yang tahan api, super elastik, anti sobek, tahan peluru, dan bermacam- macam model serta kemampuan.

Batman

link

Tokoh yang bernama asli Bruce Wayne ini adalah pewaris kerajaan bisnis Wayne Enterprise yang diwarisi dari orang tuanya yang tewas terbunuh. Karena terobsesi untuk menuntut balas serta akibat dari kemenangannya dalam meengalahkan phobianya terhadap kelelawar, Bruce dewasa memiliki identitas lain sebagai Batman, Dalam melaksanakan tugasnya, Wayne disupport oleh perusahaannya menciptakan berbagai perlengkapan dari baju, senjata, kendaraan dari sepeda motor, mobil, pesawat, dan helikopter dengan cita rasa luar biasa.

Gyro Gearscope

courtesy of Google Blogoscoped

link

Di Indonesia dikenal dengan nama Lang Ling Lung. Tokoh Disney yang kreatif ini selalu mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dengan inovasi yang ia buat. Inovasi terkenalnya adalah sebuah robot berkepala bola lampu kecil yang selalu menemaninya dan sebuah topi berpikir yang mampu mengeluarkan palu besar dan memukul kepala pemakainya untuk memberi inspirasi akan sebuah inovasi.

Spider-Man

courtesy of  www.solarnavigator.net

link

Peter  Parker, tokoh di belakang topeng Spiderman adalah seorang siswa cerdas yang secara tidak sengaja tersengat laba- laba yang mengandung radiasi. Hasil gigitan tersebut menyebabkan Parker muda memiliki kekuatan super seperti seekor laba- laba, seperti kemampuan merayap di dinding, indera ke enam, serta kekuatan dan kelincahan yang melebihi kekuatan manusai biasa. Untuk mendukung kerjanya sebagai pahlawan, Peter Parker membuat alat yang mampu mengeluarkan substansi seperti jaring laba- laba yang kuat dari telapak tangannya. Peter juga menciptakan berbagai alat seperti spider-tracer, kamera, dan lain- lain.

Superman

courtesy of http://www.littlestuffedbull.com

link

Superman atau Kal El atau Clark Kent ini adalah salah satu natural born superhero, dia lahir sebagai orang yang memiliki kemampuan lebih. Di kirim ke bumi dari planet Krypton yang hancur dengan dilengkapi berbagai perlengkapan ketika dia menjadi superhero pada saat dewasa. namun Superman memiliki kemampuan inovasi yang inggi pula, dia memiliki sebuah kubu rahasia di sebuah tempat terpencil di kutub Utara tempat dia menyimpan berbagai memorabilia dari planetnya yang elah hancur dan menyimpan berbagai barang ciptaannya.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

About these ads

About thesmallideablog

Entrepreneur & teacher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s